Sejumlah   informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Senin (28/8), mulai dari pihak PLN menyebutkan suplai listrik ke Ibu Kota Nusantara (IKN) perlu kolaborasi, hingga kasus korban terjangkit demam berdarah dangue (DBD) di Kaltim per 25 Agustus 2023 berjumlah 3.152 orang.

Berikut rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. PLN ke IKN

Komisaris Independen PT PLN (Persero) Alex Iskandar Munaf mengatakan suplai listrik ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur menjadi pekerjaan yang membutuhkan kolaborasi dari semua pemangku kepentingan.

“(Suplai ke IKN) itu dilakukan PLN guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Tapi, (aliran listrik) sudah harus siap sebelum 17 Agustus 2024,” kata Alex Munaf, di Balikpapan, Minggu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. Kuota P3K Penajam

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mendapatkan kuota sebanyak 614 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Penajam Paser Utara Amrullah di Penajam, Senin, mengatakan perekrutan P3K itu rencananya dilaksanakan pada tahun 2023 ini.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

3. Air laut untuk bahan air bersih

Pemkot Balikpapan tertarik dengan pengolahan air laut yang dilakukan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan. KPI mengolah air laut untuk menambah pasokan air tawar guna pengolahan minyak mentah di kilang.
“Kami ingin belajar desalinasi yang dilakukan di Kilang Balikpapan, mengingat kita juga kekurangan sumber air baku untuk air bersih,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Balikpapan Murni, Senin.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

4. DBD di Kaltim 3.152 orang

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur Jaya Mualimin mengatakan jumlah kasus  demam berdarah dangue (DBD) di provinsi tersebut sampai dengan 25 Agustus 2023 mencapai 3.152 orang dan 15 orang dinyatakan meninggal dunia.

"Hal tersebut terjadi kenaikan 45 kasus dari bulan sebelumnya. Adapun incident rate (angka kejadian) DBD di Kaltim adalah 83,2 per 100.000 penduduk dan case fatality rate (angka kematian) adalah 0,48 persen," kata Jaya di Samarinda, Senin.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

5. Beasiswa Kaltim tak mesti kembali ke daerah

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) melalui Badan Pengelola Beasiswa Kaltim Tuntas (BP-BKT) memberikan beasiswa kuliah bagi putra-putri asal provinsi itu tanpa ada kewajiban penerima beasiswa kembali ke daerah asal setelah menuntaskan pendidikan.

“Kami tidak mengarahkan sampai ke sana (harus kembali ke Kaltim). Kami hanya menyediakan beasiswa dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM)-nya,” kata Kepala BP-BKT Iman Hidayat di Samarinda, Senin.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023