Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kota Samarinda, membuka Dompet Peduli Korban Bencana bagi warga yang menjadi korban letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara.

Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang, Rabu, meminta warga, termasuk pejabat dan staf di lingkungan pemerintah kota untuk peduli terhadap korban bencana Sinabung.

"Kalau memang ada rezeki, tolong disisihkan untuk meringankan derita saudara kita di Sinabung. Ini sebagai bentuk kepedulian dan rasa syukur kita yang tidak terkena musibah dan diberikan kesehatan," ujar Syaharie Jaang.

Syaharie Jaang juga memerintahkan kepada seluruh SKPD untuk melakukan koordinasi agar menghimpun bantuan sukarela dari staf.

Ia juga mengimbau para pelajar di Kota Samarinda serta masyarakat umum untuk bisa menunjukkan kepeduliannya dengan menghimpun dana untuk membantu warga Sinabung yang saat ini dilanda musibah.

"Termasuk organisasi kepemudaan maupun elemen masyarakat lainnya diharapkan menyalurkan bantuan ke rekening Dompet Peduli Sinabung atau langsung ke Bagian Humas dan Protokol Pemkot Samarinda yang memang ditunjuk pemerintah untuk mengelola bantuan dana tersebut," kata Syaharie Jaang.

Namun, Syaharie Jaang juga mengingatkan agar masyarakat berhati-hati dalam menyalurkan sumbangan yang mengatasnamakan bantuan bagi warga gempa.

"Sekali lagi, saya menghimbau warga berhati-hati, karena kondisi seperti ini bisa saja dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan meminta bantuan yang mengatasnamakan korban bencana tetapi bantuan disalahgunakan untuk kepentingan pribadi," ujar Syaharie Jaang.

Ia berharap, melalui sikap kepedulian yang ditunjukan warga Kota Samarinda itu setidaknya mendapatkan balasan berupa dijauhkan dari segala bencana dan musibah.

"Semoga dengan keikhlasan bantuan yang kita salurkan ini bisa bermanfaat bagi para korban disana, karena pada hakekatnya kita diciptakan memang untuk saling tolong menolong kepada saudara kita yang mungkin pada saat ini dalam kondisi kesusahan," kata Syaharie Jaang.

Pemkot Samarinda sendiri hingga saat ini masih membuka Dompet Kemanusiaan Samarinda Peduli dengan nomor rekening 0012772211 Bank Kaltim.

Hingga saat ini sudah terkumpul dana Rp26 juta yang merupakan sumbangan dari Warga Samarinda.

Pemkot Samarinda juga pernah melakukan penggalangan dana musibah gempa bumi di Padang, Sumatera Barat pada 2009 dan berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp700 juta, termasuk juga untuk korban gempa di Yogyakarta.   (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014