Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Senin (7/8), mulai dari IKN Nusantara Goes to Campus Universitas Mulawarman, hingga pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja Samarinda untuk dipersiapkan sebagai buruh konstruksi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
 
Berikut rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. IKN Goes to Campus
 
Pada gelaran IKN Nusantara Goes to Campus Universitas Mulawarman Samarinda, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menyampaikan rencana untuk membangun kota dengan konsep mempertahankan hutan, yaitu Kota Hutan IKN.
 
"Dengan luas sekitar 256 hektare, IKN akan menjadi empat kali lebih besar dari Jakarta dan 3,5 kali dibandingkan dengan Singapura," kata Bambang dalam sambutannya secara daring di Auditorium Unmul Samarinda, Senin.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
2. Juara debat nasional
 
Tim Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) meraih juara I Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Tingkat Nasional jenjang SMA menyisihkan 35 provinsi lainnya di Indonesia, sehingga tim membawa pulang uang pembinaan senilai Rp18 juta.
 
Terdapat tiga siswa yang mewakili Tim LDBI Provinsi Kaltim dalam lomba tingkat nasional tersebut, yakni Celvin Oktariano dan Nanda Kahirunnisa dari SMAN 1 Samarinda, kemudian Frederik dari SMA Sunodia Samarinda.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
3. Titik panas indikasi kebakaran
 
Jumlah titik panas indikasi awal kebakaran hutan dan lahan yang dideteksi di wilayah Provinsi Kalimantan Timur pada Minggu (6/8) bertambah menjadi 162 titik dari 156 titik pada hari sebelumnya.
 
Menurut Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman-Sepinggan Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Senin, selama periode itu titik panas dideteksi di Paser (6), Penajam Paser Utara (1), Kutai Barat (12), Kutai Timur (55), Kutai Kartanegara (16), Berau (61), dan Mahakam Ulu (11).
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
4. Buruh lokal untuk IKN
 
Balai Pelatihan Jasa Konstruksi Wilayah V Direktorat Jenderal BNA Konstruksi Kementerian PUPR menggelar pelatihan dan sertifikasi bagi 100 calon tenaga kerja terampil untuk kebutuhan konstruksi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
 
Infrastruktur berkualitas membutuhkan pekerja yang berkualitas pula. Peserta yang berhasil memperoleh sertifikasi akan menjadi tenaga kerja yang kompeten dan berpotensi untuk bekerja di berbagai sektor, terutama proyek IKN.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
5. Nelayan hutan bakau belum ketemu
 
Memasuki pencarian hari ketujuh, Senin (7/8), Tim Search And Rescue (SAR) Gabungan Unit Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, masih mencari seorang nelayan yang diduga hilang di hutan bakau Berau sejak Senin (31/7).
 
Hingga hari ketujuh sekarang, Regu Pencarian dan Penyelamatan Unit Berau masih melakukan pencarian terhadap korban yang diduga hilang. Kami tetap berupaya maksimal hingga hari ini.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023