Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Selasa (25/7), mulai Dinas Kesehatan Kaltim meluncurkan vaksin kanker serviks pada Agustus 2023, hingga Wakil Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengisi workshop Balai Guru Penggerak di Samarinda.
 
Beginilah rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Peluncuran vaksin kanker serviks
 
Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur segera meluncurkan dua vaksinasi yakni vaksin untuk pencegahan kanker serviks dan vaksin pencegahan diare pada 9 Agustus 2023, bertepatan Bulan Imunisasi Anak Nasional..
 
Dua imunisasi itu akan diluncurkan tahun ini ialah vaksin melawan Human Papillomavirus (HPV) yang dapat menyebabkan kanker serviks pada perempuan dan Rotavirus yang dapat mencegah kematian akibat diare pada anak.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
2. DPR RI-Kemenparekraft latih kreatifitas UMKM 
 
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam pengembangan bisnis pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kalimantan Timur terutama pada sisi kreatif dalam menciptakan kuliner unggulan ciri khas daerah.
 
Hetifah mengatakan dukungan pengembangan bisnis UMKM Kaltim itu bertujuan menjadi daya tarik para wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
3. Wagub ingatkan aparat jangan korupsi 
 
Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi mengukuhkan 17 penyuluh antikorupsi (Paksi) Provinsi Kaltim periode 2023-2025 dalam serangkaian dengan acara pemantauan, evaluasi, verifikasi monitoring center for prevention (MCP) pada Pemerintah Provinsi Kaltim dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur Semester I Tahun 2023 di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Selasa.
 
Pada kesempatan itu Wagub Kaltim berharap para penyuluh tersebut bisa menjalankan tugas dan kinerja dengan maksimal, sehingga bisa tercipta aparat pemerintah daerah yang bersih dan berwibawa serta terhindar dari persoalan hukum tindak pidana korupsi.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
4. UKM Kaltim dilatih olahan pangan
 
Puluhan pelaku usaha kecil dan menengah mengikuti program pelatihan wirausaha pengolahan pangan yang dilaksanakan Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Kalimantan Timur.
 
Plt. Kepala Dinas Perindagkop UKM Kaltim, Heni Purwaningsih mengatakan UKM merupakan penyumbang pertumbuhan ekonomi paling besar di daerah maupun nasional, sehingga keberadaan UKM perlu dibina melalui program pelatihan yang terarah demi menunjang pendapatan ekonomi masyarakat.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
5. Guru Penggerak berpeluang jadi Kepsek
 
Guru penggerak berperan penting dalam transformasi sistem pendidikan di sekolah mencakup aspek kurikulum, metode belajar, dan penilaian, demikian pernyataan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian.
 
Guru-guru penggerak, lanjut Hetifah, berpeluang untuk menjabat sebagai kepala sekolah meskipun berada di Golongan III B. Langkah itu merupakan wujud koordinasi dengan dinas pendidikan di daerah.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023