Sejumlah   informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Selasa (18/7), mulai dari Kaltim meraih penghargaan pengembang seni dan budaya nasional oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif hingga sektor pertambangan daerah yang tumbuh 5,74 persen.

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Apresiasi pengembang seni dan budaya nasional

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur meraih penghargaan nasional pada puncak Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) sebagai provinsi pengembang seni dan budaya.

Wagub Hadi Mulyadi mengungkapkan rasa bangga Pemprov Kalimantan Timur atas prestasi meraih penghargaan nasional di Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. Program Rp100 juta per Bumdes

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memprogramkan pemberian bantuan dana Rp 100 juta per tahun kepada setiap Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes) dalam rangka pengembangan usaha di wilayah pedesaan.

Sekda menjelaskan Gubernur Isran Noor berencana mengundang Kepala Desa se Kaltim untuk hadir pada saat rangkaian Kaltim Expo 2023 yang akan digelar bulan Agustus mendatang.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

3. Promosi investasi sawit di Belanda

Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor memperjuangkan kepercayaan dan menegaskan kepada masyarakat Eropa bahwa industri kelapa sawit di Indonesia tidak merusak hutan dan lingkungan.

Penegasan Gubernur Kaltim tersebut disampaikan saat melakukan kunjungan kerja ke Belanda dalam agenda memimpin delegasi Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

4. Kaitan politik dan bisnis

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Timur Hari  Dermanto mengungkapkan beberapa permasalahan terkait dengan keterlibatan politik dan bisnis selama kampanye pemilu di daerah, hingga kelemahan dalam peraturan terkait pelaporan dana kampanye partai politik.

Kekhawatiran dia terkait dengan peraturan yang hanya mengaudit sumbangan dana kampanye dalam bentuk uang dan tidak mengaudit sumbangan dalam bentuk barang dan jasa adalah masalah serius.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

5. Sektor tambang Kaltim bertumbuh

Lapangan usaha pertambangan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada triwulan IV tahun 2022 mengalami pertumbuhan sebesar 5,74 persen, lebih tinggi ketimbang triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 3,63 persen dengan pangsa sebesar 54,53 persen year on year.

Kenaikan kinerja produksi batu bara Kaltim bersumber dari terakselerasinya produksi perusahaan kategori Izin Usaha Pertambangan (IUP), sementara untuk produksi perusahaan kategori Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu Bara (PKP2B) terjadi penurunan.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023