Kepolisian Resor Kota (Polresta) Samarinda berinisiatif merevitalisasi Masjid Shiratal Mustaqiem yang merupakan masjid tertua di Kota Samarinda berdiri sejak tahun 1881 yang terletak di Jalan Bung Tomo, Kelurahan Mesjid, Kecamatan Samarinda Seberang .

"Aksi revitalisasi Masjid Shiratal Mustaqiem ini antara lain membuat gapura di pintu utama masjid, dan membuat wadah penyimpan Al-Qur'an bentuk kuno yang dibuat dari ukiran jati, hal ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-77 oleh Polresta Samarinda," kata Wakapolresta Samarinda AKBP Eko Budiarto di Samarinda, Jumat.
 
Dikemukakannya, Masjid Shiratal Mustaqiem,  usianya yang mencapai 142 tahun, menjadi salah satu masjid tertua yang masih berdiri kokoh di Kota Samarinda. Sejak tahun 1881, masjid yang memiliki luas bangunan hingga 80 meter persegi telah menjadi saksi sejarah perkembangan agama Islam di Kalimantan Timur.
 
Ia mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menjaga dan memelihara warisan budaya dan agama yang ada di Kota Samarinda.
 
"Revitalisasi Masjid Shiratal Mustaqiem menjadi salah satu upaya dalam memperkuat ikatan sosial dan menghidupkan kembali nilai-nilai sejarah yang terkandung di dalamnya," ujar Eko usai mengikuti kegiatan Mabes Polri secara hybrid, untuk aksi Doa Bersama Lintas Agama di Masjid Shiratal mustaqiem, bersama Wakil Wali Kota Samarinda, dan Forkopimda.
 
Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi Wongso, pada kesempatan itu menyatakan pentingnya menjaga dan merawat situs-situs budaya dan rumah ibadah,  
Harmoni lintas agama menjadi aspek penting yang ditekankan dalam acara revitalisasi ini. 
 
 "Kebudayaan itu harus kita cintai dan kita jaga. Apa yang telah dilakukan oleh kepolisian adalah langkah damai yang menjamin persatuan dan kekeluargaan," katanya.
 
Rusmadi mengucapkan rasa terima kasih kepada institusi Polri, khususnya kepada jajaran  Polresta Samarinda yang berinisiatif membantu untuk merevitalisasi Masjid Shiratal Mustaqiem yang memiliki sejarah di Kota Tepian.
 
Seiring berjalannya waktu, revitalisasi ini diharapkan akan memperkuat identitas dan keberagaman di Kota Samarinda serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan situs-situs bersejarah. 
 
"Dengan dukungan jajaran Polresta Samarinda dan partisipasi aktif masyarakat, revitalisasi Masjid Siratal Mustaqiem akan menjadi momentum berharga dalam mewujudkan kota yang harmonis, berbudaya, dan bermartabat,"  ujar Rusmadi.

 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023