Dua Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur meraih penghargaan dari perusahaan perkebunan menyusul prestasi mewujudkan desa bebas kebakaran lahan dan hutan.

"Masing-masing desa menerima uang sebesar Rp 50 juta per KTPA oleh perusahaan”, kata Kepala Dinas Perkebunan, Ahmad Muzakkir di Samarinda, Selasa, tentang hadiah uang tunai yang diterima kelompok desa.

Kelompok tani tersebut berasal dari dua desa di Kecamatan Sangkulirang, Kutai Timur, yakni Desa Pelawan dan Desa Tepian Terap. Dua desa itu punya peran penting karena menyelamatkan desa dari bencana api pada penilaian 2022.

Muzakir memberikan apresiasi kepada perusahaan perkebunan karena telah peduli dan menaruh perhatian pada kegiatan masyarakat guna mencegah kebakaran hutan dan lahan.

"Semoga makin banyak pihak swasta yang peduli dengan program pemerintah untuk menuntaskan karhulta di daerah," kata Muzakir.

Kepala Bidang Perkebunan Berkelanjutan Dinas Perkebunan Kalimantan Timur Asmirilda menjelaskan perusahaan perkebunan yang telah memberikan hadiah kepada kelompok tani tersebut yakni Perkebunan Kelapa Sawit PT. Etam Bersama Lestari.

"Keberhasilan dua kelompok tani itu menjadi salah satu keberhasilan program inovasi iman karlabun, sebagai program Dinas Perkebunan Kalimantan Timur untuk antisipasi karhutla," kata Asmirilda.

Asmirilda menambahkan sebanyak sembilan desa di wilayah Kaltim telah menerima penghargaan berupa uang tunai dari perusahaan perkebunan sepanjang 2023 karena telah berkontribusi terhadap kelestarian dan keberlanjutan lingkungan.

Pewarta: Arumanto

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023