Regu pramuka putri Provinsi Kalimantan Timur berhasil meraih juara nasional pada Lomba Tingkat (LT) V Kwartir Nasional (Kwarnas) tahun 2023 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta.

"Setelah melalui perjuangan keras, akhirnya regu pramuka putri Kaltim bisa meraih juara, ini luar biasa, Karena bertanding dengan 34 provinsi ini tidak mudah," kata Sekretaris Kwarda Kaltim, Fachruddin Japri di hubungi dari Samarinda, Jumat.

Fachudin mengungkapkan regu Kamboja Putri asal Kaltim berhasil meraih peringkat pertama secara nasional sebagai regu berprestasi tinggi dengan capaian skor total 1.555 dalam lomba P3K, Peta kompas, dan Obat tradisional.

Kontingen regu putri Kaltim berhasil mengungguli Bali dan Riau. Yang meraih predikat regu berprestasi baik dan regu berprestasi cukup di tingkat nasional.

Kegiatan lomba Regu Pramuka Penggalang Lima (LT-V) Tahun 2023 digelar di Lapangan Kempi 2 Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta, selama sepekan penuh sejak 18 hingga 22 Juni 2023 ini, diikuti kontingen Kwartir Daerah (Kwarda) dari 34 Provinsi.

Selain kejuaraan Nasional juga ada Prestasi Regional yang terbagi dalam empat wilayah. Kaltim yang masuk dalam Regional 3 untuk wilayah Kalimantan dan Sulawesi juga unggul sebagai juara.

Kedua regu putra dan putri Kontingen Kaltim, yakni Regu Singa dan Regu Kamboja menjadi Juara I Regu Berprestasi Tinggi di regional 3.

Ratnawati selaku Pimpinan Kontingen Daerah (Pimkonda) Kaltim dalam LT V Kwarnas, menjelaskan bahwa seluruh kontingen Kaltim sangat antusias dan aktif dalam mengikuti semua mata lomba.

"Secara keseluruhan, terdapat 33 mata lomba yang mencakup berbagai jenis perlombaan, termasuk aspek teknis kepramukaan, pengetahuan umum, teknologi, bela negara, dan masih banyak lagi," jelas Ratna.

Beberapa lomba yang dilaksanakan meliputi penjelajahan, peta perjalanan, panorama, penafsir, Pionering, P3K, dan halang rintang. Sedangkan lomba terkait teknologi meliputi e-sport, coding dan robotik.

"Selain itu, terdapat juga lomba-lomba seperti panjat tebing, renang, memanah, melukis, pidato, dan banyak lagi," tambah Ratna.


 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023