PT. Pamapersada Nusantara Distrik Baya (PAMA-Baya) bersama mitra bisnis atau customer memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia  dengan menggelar kegiatan pilah sampah plastik untuk diserahkan ke Bank Sampah Binaan di Desa Suka Maju, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Komitmen kembali kami lakukan dalam program pemberdayaan masyarakat, di mana komitmen ini ditunjukkan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai aksi rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia bersama customer yaitu PT Jembayan Muarabara (JMB ) Group)," kata Project Manager PT PAMA-Baya Aris Tandiarrang di Kutai Kartanegara, Kamis.
 
Ia menjelaskan kegiatan penyerahan sampah plastik yang dipilah oleh karyawan, kemudian sampah tersebut diserahkan ke Bank Sampah Mandiri (BSM) yang merupakan bank sampah binaan PAMA- Baya dan JMB Group di Desa Suka Maju.
 
Aris Tandiarrang menyebutkan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya perusahaan di bidang lingkungan yang bertepatan pula pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan melakukan penyerahan sampah plastik kepada bank sampah binaan. 
 
Penyerahan simbolis oleh Project Manager Pama Baya ( paling kanan) didampingi KTT PT.JMB pengurus BSM dan Aparat Desa Suka Maju (Antaranews Kaltim/HO/PAMA)
 
“Kita bangga melihat bank sampah binaan kita memiliki inovasi untuk meningkatkan nilai tambah sampah plastik,  salah satunya menjadikan segala jenis sampah plastik menjadi paving block. Kita serahkan sampah plastik yang telah dipilah oleh karyawan untuk diolah di sini," kata Aris Tandiarrang.
 
Dikemukakannya, sampah yang diserahkan kepada Bank Sampah Mandiri  sebanyak 137.5 kilogram dari karyawan berbagai departemen yang ada di PAMA- Baya. 
 
“Kami mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Bank Sampah Mandiri, semoga apa yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan bisa makin maju dari saat ini dengan inovasi-inovasi yang lain," ucap Aris.
 
Perlu diketahui, bank sampah yang menghasilkan paving block dari sampah plastik  di Desa Suka Maju tersebut juga pernah mewakili Provinsi Kaltim di ajang Teknologi Tepat Guna (TTG) XXIII tahun 2022 tingkat nasional.
 
Sementara kegiatan aksi  pilah sampah plastik turut dihadiri oleh Kepala Tehnik Tambang (KTT)  JMB Group Arafah dan Kepala Desa Suka Maju Kuswara.(Adv)
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023