Nunukan (ANTARA Kaltim) - Kurs atau nilai tukar Ringgit Malaysia (RM) terhadap rupiah pada hari ini, Kamis (191/12) sekitar pukul 11.00 WITA berada pada posisi Rp3.707.

Kepala BRI Cabang Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Fahmi Hidayat di Nunukan, Kamis mengatakan, pada hari Kamis mata uang Ringgit Malaysia (RM) dijual Rp3.707, tetapi dapat dinegosiasikan seharga Rp3.750.

Sedangkan kalau harga beli pada kisaran Rp3.782 atau bisa dinegosiasikan pada posisi Rp3.780 sampai Rp3.720 tergantung jumlah uang rupiahnya.

"Nilai tukar mata uang RM terhadap rupiah setiap hari mengalami peningkatan. Faktor yang mempengaruhi terus melemahnya nil;ai rupiah terhadap mata uang Malaysia itu karena seiring dengan meningkatnya kurs dolar Amerika Serikat (AS).

Ia mengataka, kalau diperhatikan melemahnya kurs rupiah terhadap RM, karena faktor dolar AS yang terus meningkat.

Menurut Fahmi, kurs mata uang seluruh dunia pasti mengikuti perkembangan dolar AS dan khusus terhadap mata uang RM sekitar 30-40 persen.

"Jadi secara historis apabila dolar AS naik, maka seluruh mata uang juga akan mengalami kenaikan juga," katanya.

Fahmi mengatakan, kenaikan kurs RM terhadap rupiah beberapa hari terakhir ini ada kencenderungan mengikuti perkembangan harga dolar dan hampir tidak ada faktor lain yang mempengaruhinya.

"Kalau dolar naik dipastikan RM juga mengalami kenaikan sehingga mempengaruhi kondisi perdagangan di Kabupaten Nunukan ini yang sebagian besar memasok produk Malaysia," katanya.

Dia memprediksikan kurs RM terhadap rupiah akan terus mengalami peningkatan jika kurs dollar terhadap rupiah juga terus meningkat.

Sebelum kurs dolar meningkat, nilai tukar RM terhadap rupiah hanya berkisar pada posisi Rp3.200 sampai Rp3.250.   (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013