Partai Keadilan Sejahtera ( PKS) menjadi partai politik pertama yang mendaftar sebagai peserta pemilu serentak tahun 2024 kepada Komisi Pemilihan Umum Kota Samarinda, Kalimantan Timur, setelah perwakilan dari Partai tersebut menyerahkan berkas pendaftaran calon anggota legislatif pada Senin, 8 Mei 2023.


Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat menjelaskan dalam tahapan pendaftaran pemilu serentak ini pihaknya hanya menerima khusus berkas pendaftaran bakal calon anggota DPRD Kota Samarinda, sementara untuk berkas pencalonan DPRD Provinsi dan DPD RI menjadi kewenangan KPU Provinsi Kaltim.

Sedangkan untuk berkas pendaftaran DPR RI, Presiden dan Wakil Presiden menjadi kewenangan KPU Pusat.

"Kami telah melaksanakan tahapan pendaftaran sejak 1 Mei 2022, dan setelah memasuki hari ke- 8 baru satu partai yakni PKS yang telah menyerahkan berkas kepada kami," kata Firman Hidayat di Samarinda, Jumat.

Didampingi oleh Bawaslu Kota Samarinda, lanjut Firman, pihaknya telah memeriksa dokumen persyaratan bakal calon yang diajukan PKS, dan telah dinyatakan lengkap.

"Kami telah memberikan tanda terima kepada perwakilan PKS, dan untuk selanjutnya Partai politik tersebut tinggal menunggu tahapan selanjutnya yakni verifikasi keabsahan dokumen, tahapan masa perbaikan hingga tahapan penetapan Daftar Calon Tetap," ujar Firman.

Untuk partai politik lainnya, kata Firman sudah ada yang memberikan informasi bakal menyerahkan berkas mulai tanggal 10 Mei 2023 hingga berakhirnya tahapan pendaftaran pada 14 Mei 2023.

"Partai Nasdem telah memberikan informasi akan menyerahkan berkas pada 10 Mei, begitu juga dengan PAN dan PKB akan menyerahkan berkas pada 12 Mei, oleh sebab itu kami selalu siap menyambut kedatangan partai politik tersebut," ujarnya.

Firman mengaku telah memberikan kesempatan semua partai politik untuk melakukan konsultasi ke KPU Samarinda bila terjadi kendala terkait dengan tahapan pendaftaran para caleg, khususnya terkait dengan informasi kelengkapan berkas dan sistem informasi pencalonan (Silon).

"Kami berharap semua partai politik peserta pemilu 2024 bisa melaksanakan tahapan pendaftaran sesuai jadwal yang ditentukan," jelas Firman.

Sementara itu Ketua DPD PKS Kota Samarinda Dimyati Mustofa mengaku bersyukur karena sudah melalui tahapan pendaftaran pemilu di KPU dengan lancar.

"Alhamdulillah hari ini PKS menjadi partai pertama yang mendaftar, itu mungkin nilai lebih dari kami," ujar Dimyati.

Menurut Dimyati, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan KPU mengingat tahapan pendaftaran ini masih panjang dan terus berlanjut hingga masa penetapan calon resmi sebagai peserta pemilu.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023