Sejumlah informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Kamis (27/4), mulai dari Polresta Samarinda memberikan sanksi kepada pemilik Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Mengemudi yang mengunggah video bocah menyetir mobil, hingga  Pertamina Regional Kalimantan menyebutkan bahwa konsumsi avtur naik 50 persen jelang lebaran.

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Sanksi pemilik LPK pengunggah video viral bocah menyetir mobil

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polresta Samarinda  Kompol Creato Sonitehe Gulo menyampaikan pihaknya telah memberikan sanksi kepada pemilik Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Mengemudi, yang mengunggah video menyetir anak di bawah umur, yang tengah viral di media sosial di kota setempat.

Dikemukakannya, ada pun sanksi yang berikan berupa penilangan terhadap unit mobil yang digunakan dan juga surat peringatan kepada institusi LPK Mengemudi yang dipimpin HUS (37).

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Arus balik rute Samarinda-Banjarmasin naik 27 persen

Arus balik dari Samarinda (Kalimantan Timur) ke Banjarmasin (Kalimantan Selatan) menggunakan bus Antarkota antarprovinsi (Akap) dalam tiga hari terakhir mengalami peningkatan sekitar 27 persen jika dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu.

Untuk H+1 pada 23 April 2023, arus balik ke Banjarmasin sebanyak 128 orang, sedangkan arus balik H+1 pada Lebaran 2022 hanya ada 94 orang atau terjadi kenaikan 27 persen.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Titik panas Kaltim naik jadi 68 lokasi

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan hari ini kembali mendeteksi 68 titik panas yang tersebar di Provinsi Kaltim, mengalami kenaikan ketimbang sehari sebelumnya yang terdeteksi 33 lokasi.

Sebanyak 68 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga pukul 17.00 Wita dan langsung diinformasikan ke instansi terkait, terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten masing-masing agar segera mendapat penanganan.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Teknologi lampu cerdas di IKN

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mempertimbangkan penerapan teknologi pencahayaan pintar atau smart lighting untuk menciptakan kota yang cerdas dan ramah lingkungan.

Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya, dalam keterangan yang diterima  di Balikpapan, Kamis, menjelaskan  pencahayaan pintar ini dapat memberikan banyak manfaat seperti penghematan biaya yang signifikan, pengurangan emisi karbon, dan polusi cahaya.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Konsumsi avtur naik 50 persen

Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan mencatat adanya kenaikan konsumsi bahan bakar pesawat udara Avtur hingga 50 persen pada H-3 Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Pada masa harian normal, konsumsi avtur adalah 427 kiloliter (KL), pada hari tersebut hingga 643 KL.

Apalagi kemudian setelah lebaran konsumsi avtur di bawah normal, yaitu 392 KL. Diperkirakan pada akhir April dan awal Mei 2023 barulah akan terjadi lagi peningkatan konsumsi walaupun tidak setinggi pada H-3 lebaran 2023 ini.

Selengkapnya silahkan diklik.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023