Sebanyak delapan kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai angin kencang pada Kamis-Jumat (23-24/3), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, tanah longsor, dan sejumlah dampak lainnya," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Rabu.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Delapan daerah yang diprakirakan mengalami peristiwa tersebut adalah Kota Balikpapan, Kabupaten Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser.

Rinciannya antara lain di Kota Balikpapan pada Kamis sekitar pukul 14.00, 17.00, dan 23.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Balikpapan Kota, sedangkan sejumlah kecamatan lainnya hanya hujan ringan.

Di Kabupaten Berau, hujan lebat diprakirakan terjadi hanya di Kecamatan Maratua pada Jumat pagi sekitar pukul 05.00 Wita, sedangkan sejumlah kecamatan lainnya hujan ringan pada dini hari hingga pukul 08.00 Wita.

Kabupaten Kutai Kartanegara pada Jumat dini hari, hujan petir hanya terjadi di Kecamatan Kenohan, sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya diprakirakan hujan ringan hingga hujan sedang.

Di Kabupaten Kutai Timur pada Jumat sekitar pukul 05.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi pada dua kecamatan, yakni Kaliorang dan Kaubun, sementara sejumlah kecamatan lainnya mengalami hujan ringan.

Kabupaten Paser pada Kamis pukul 14.00 dan 17.00 Wita, hujan petir di Kecamatan Batu Sopang, pukul 20.00 Wita, hujan lebat hingga hujan petir di Kecamatan Long Kali dan Muara Samu, pukul 23.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di hampir semua kecamatan.

"Di Kabupaten Penajam Paser Utara, hujan lebat diprakirakan terjadi pada Kamis sekitar pukul 20.00 Wita di Kecamatan Babulu dan Waru, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan hingga Jumat dini hari," kata Heni.*

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023