Sejumlah   informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Selasa (21/3), mulai dari klarifikasi Panitia Khusus (Pansus) Investigasi Pertambangan DPRD Kaltim soal pengusulan surat terbuka untuk presiden terkait penanganan tambang ilegal, hingga peneliti menemukan 35 gua di Gunung Batu Benua yang membentang antara Kaltim dan Kalimantan Utara (Kaltara).

Beginilah rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Klarifikasi soal usulan tambang ilegal menjadi legal

Panitia Khusus (Pansus) Investigasi Pertambangan (IP) DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) meluruskan  terkait usulan rekan Pansus melayangkan surat terbuka untuk Presiden perihal tambang ilegal adalah untuk membuatkan dan mengatur regulasi yang berkaitan dengan tambang ilegal.

Maksud dari pengusulan tersebut bukan secara serta merta tambang ilegal kemudian dilegalkan, namun  bagaimana jika pemerintah membuat satu aturan yang melegalkan dengan ukuran satu sampai dua hektare dengan regulasi yang ada untuk Izin Pertambangan Rakyat (IPR),  sehingga daerah mendapatkan kontribusi dari tambang rakyat yang ada.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Ada 13 potensi bencana di Kaltim

Pihak berwenang di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menyatakan daerah ini memiliki 13 potensi bencana, antara lain banjir, banjir bandang, cuaca ekstrem, gelombang ekstrem dan abrasi, gempa bumi, serta bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Dari 13 potensi bencana tersebut, saat ini pihaknya lebih banyak melakukan penanganan pada beberapa bencana yang kerap terjadi seperti banjir, banjir bandang, karhutla, dan tanah longsor yang cenderung terjadi saat hujan lebat.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Pembacaan komitmen anti korupsi Kepala Daerah

Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor memimpin pembacaan komitmen antikorupsi kepala daerah dalam rangkaian Rapat Koordinasi Pimpinan Kementerian/Lembaga Program Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah dan peluncuran indikator Monitoring Center for Prevention (MCP)) Tahun 2023 di Jakarta, Selasa.

Komitmen antikorupsi tersebut menjadi tekad para kepala daerah untuk secara bersama-sama mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel, dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Pemancing tenggelam di Paser

Seorang pria berinisial AD dilaporkan tenggelam di wilayah perairan Pasir Mayang Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser saat memancing bersama temannya.

Peristiwa naas itu  terjadi ketika korban bersama kedua orang temannya, pada Minggu (19/3) sekitar pukul 14.30 Wita sedang memancing di perairan sekitar Pasir Mayang dengan menggunakan kapal ketinting (perahu kecil) pada posisi kapal tidak menggunakan jangkar atau mengapung.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Temuan 35 gua di Gunung Batu Benua

Penelitian Kelompok Studi Karst Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) menemukan 35 gua di Gunung Batu Benau yang membentang di Provinsi Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur.

Kawasan tersebut juga terdapat potensi keragaman budaya, yaitu komunitas Adat Punan Batu yang berdasarkan hasil penelitian lembaga Eijkman mempunyai keunikan genetika dan budaya. Sub-Suku Punan Batu menjadikan gua sebagai liang hunian, masih menerapkan pola hidup berburu dan meramu, sehingga mereka sangat bergantung pada keberadaan hutan. Kawasan tersebut juga ditemukan potensi keragaman hayati.

Selengkapnya silahkan diklik.


 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023