Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyiapkan penghargaan kepada kabupaten/kota yang memberikan kontribusi pada pengendalian inflasi di daerah itu dengan mendorong pengembangan komoditas pertanian terutama tanaman pangan.

"Kami meminta Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura untuk menilai daerah mana yang sukses mengembangkan pertanian dan mampu menekan inflasi," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim Sri Wahyuni di Samarinda, Selasa.

Menurut Sri Wahyuni, pemberian penghargaan kepada kabupaten/kota tersebut akan dilaksanakan pada Hari Krida Pertanian 2023, atau pada Juni 2023.

Ia mengatakan secara umum Provinsi Kalimantan Timur masih mampu mengendalikan inflasi hingga Januari 2023, yakni mencapai 0,43 persen.

Menurut Sekda, saat ini sudah ada sejumlah kabupaten/kota yang telah mengembangkan komoditas pertanian terutama pangan.



Contohnya Kabupaten Paser yang telah mengembangkan bawang merah. Selanjutnya, daerah itu akan mengembangkan komoditas lainnya seperti cabai.

Dengan motivasi pemberian penghargaan ni, lanjutnya, setidaknya memberikan insentif bagi masyarakat maupun pemerintah kabupaten/kota untuk mengendalikan inflasi di masing-masing daerah.

“Untuk distribusi hasil produksi pertanian tersebut kami harapkan ada kerja sama dengan berbagai pihak di antaranya akses transportasi termasuk ketersediaan bahan bakar minyak harus melibatkan Pertamina, Makanya, PT Pertamina juga bisa terlibat dalam pengendalian inflasi di daerah,” tegasnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Kaltim siapkan penghargaan kepada daerah sukses tekan inflasi

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023