Beberapa informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Senin  (13/3), mulai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim bersama Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) menandatangani perjanjian kerja sama dalam menyukseskan Pemilu 2024, hingga jangkauan irigasi Bendungan Lempake Samarinda mencapai 714,56 hektare.

Beginilah rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Kerja sama KPU-Polda Kaltim

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memperkuat kerja sama dengan Kepolisian Daerah (Polda) setempat, dalam mensukseskan tahapan dan penyelenggaraan Pemilu 2024, ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Ketua KPU provinsi dengan Kapolda Kaltim.

Penandatanganan  perjanjian tersebut untuk mempertegas adanya dukungan yang intensif dalam membangun sinergi terkait kelancaran tahapan dan penyelenggaraan pemilu antara KPU dengan Polda Kaltim. walau pun sebelum dibubuhkan tanda tangan kerja sama kedua belah pihak, Polda Kaltim sudah banyak membantu kegiatan kepemiluan mulai dari tahapan verifikasi sampai pada pengawalan logistik dokumen KPU.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Penangkapan pelaku yang sembunyikan sabu di toilet

Jajaran Satresnarkoba Polres Paser menangkap DF (19), pelaku penyalahgunaan narkotika yang kerap melakukan transaksi di rumah kos di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Tanah Grogot pada, Senin.

Dari penangkapan ini, polisi berhasil mengamankan barang bukti sabu seberat 1,3 gram. Tersangka  menyembunyikan sabu di toilet saat petugas menggeledah di rumah kos, saat digeledah petugas menemukan 5 paket plastik klip yang berisi serbuk kristal warna putih bening di dalam toilet.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Temuan beberapa conveyor batu bara ilegal

Panitia Khusus (Pansus) Investigasi Pertambangan (IP) DPRD Kalimantan Timur menemukan dua conveyor yang diduga ilegal beroperasi, termasuk pelanggaran dalam kegiatan tak berizin.

Beberapa unit conveyor atau sistem mekanik yang berfungsi untuk memindahkan batubara dari kapal menuju penampungan batubara juga diyakini ilegal. Setidaknya salah satu perusahaan dari 21 IUP palsu yang ditemukan beroperasi itu juga didukung oleh 3 unit conveyor .Dari tiga unit hanya satu yang memiliki legalitas jelas, artinya dua yang lainnya dapat dikatakan ilegal.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Indeks keyakinan konsumen Kaltim capai 141,3

Berdasarkan hasil survei konsumen oleh Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (BI Kaltim) pada Februari 2023, diketahui Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) provinsi tersebut mencapai 141,3, menggambarkan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi setempat tetap terjaga.

Tingginya IKK tersebut merupakan kontribusi dari dua indeks yang dilakukan survei, yakni Indeks Ekonomi Saat ini (IKE) yang tercatat sebesar 136,7, kemudian Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tercatat sebesar 145,8.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Irigasi Bendungan Lempake jangkau 714,56 ha

Jangkauan luas baku area irigasi pertanian pada Bendungan Lempake Samarinda, Kalimantan Timur, total mencapai 714,56 hektare(ha), terdiri atas luas area irigasi potensial 483,72 ha dan irigasi fungsional seluas 230,84 ha, sehingga masih ada peluang dalam perluasan lahan pertanian.

Bendungan ini memiliki empat zona, yakni zona khusus, inti, budi daya, dan zona pemukiman. zona khusus bendungan merupakan kawasan tertutup dan ada peringatan larangan masuk bagi masyarakat umum, zona inti merupakan area yang secara ekologis mendukung proses biogeofisik perairan pada bendung.

Selengkapnya silahkan diklik.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023