Samarinda (ANTARA Kaltim) - Tim Panjat Tebing Kaltim berhasil merebut trofi bergilir Piala Menpora dalam Kejurnas Panjat Tebing junior 2013 di Arena Panjat Tebing di Komplek Stadion Palaran, Samarinda.

Tim Kaltim berhasil menjadi juara umum dengan tambahan tujuh emas pada hari terakhir kejurnas, yang mempertandingkan tujuh kategori.

Medali emas diraih melalui kategori Lead Spider Kid A Putra melalui Sixtus Sipo (Nunukan), Jennifer Ruth di Lead Spider Kid A Putri (Berau), Pangeran Septo kategori Boulder Junior Putra (Balikpapan), Nova Bina Wardani di Boulder Junior Putri (Balikpapan), Jamal Al Hadad di Lead Youth A Putra (Balikpapan), Juskerima di Lead Youth B Putri (Bontang) dan Siti Fatimah di Lead Youth A Putri (Bontang).

Keberhasilan meraih piala bergilir ini, menurut Sekretaris Umum (Sekum) Pengprov FPTI Kaltim Ahmad Subhan di Samarinda, Rabu, merupakan hasil yang memuaskan karena pemanjat muda Kaltim mampu memenuhi target yang dibebankan.

Dikatakan Subhan, pengprov berharap pembinaan terhadap atlet usia dini dapat terus berjalan sebagai bagian regenerasi atlet.

"Kita harapkan pembinaan terhadap atlet ini di daerah terus berlanjut. Karena mereka ini lah harapan panjat tebing Kaltim di masa mendatang," ungkap Subhan.

Tak hanya itu, lanjut Subhan, beberapa pemanjat yang merebut medali emas disiapkan untuk turun di PON XIX/2016 Jawa Barat. Mereka direncanakan menggantikan pemanjat senior yang usianya sudah tidak muda lagi.

"Kita berharap di kategori youth. Di junior juga ada yang bisa bertanding di PON nanti. Karenanya sejak sekarang pelan-pelan kita sudah harus bersiap," tambahnya.

Di kejurnas kali ini dominasi pemanjat Kaltim memang sangat terlihat. Dengan peserta yang lebih dari 100 atlet, kejurnas ini bisa menjadi tolok ukur panjat tebing Kaltim.

Meski ada beberapa daerah yang tak mengirimkan wakilnya, Subhan mengatakan itu tak mengurangi ketatnya kompetisi.

"Beberapa daerah seperti DKI Jakarta mengirimkan atlet terbaik mereka. Ini bisa menjadi pembanding kualitas atlet," tegas Subhan.   (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013