Samarinda (ANTARA Kaltim) - Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak menegaskan Kaltim siap ditunjuk sebagai tuan rumah pemusatan latihan nasional (pelatnas) olahraga tim sepak bola nasional, dengan keberadaan sarana latihan representatif di provinsi tersebut.

"Kita sudah punya beberapa stadion yang cukup mumpuni untuk menggelar pemusatan latihan nasional, dan berbagai sarana penunjang lainnya saya rasa juga cukup tersedia di Kaltim,makanya kalau memang ada rencana pelatnas disini, tentu kami akan menyambut dengan baik," jelas Awang Faroek di acara peringatan Hari Sumpah Pemuda Nasional di Stadion Palaran, Samarinda, Senin.

Menurut Awang, bukan untuk pertama kalinya Kaltim ditunjuk sebagai tuan rumah pelatnas, karena sebelumnya Kaltim juga pernah melaksanakan pelatnas cabang gulat, judo, dan beladiri pada saat persiapan SEA Games 2011.

"Berdasarkan pengalaman pelatnas sebelumnya di Kaltim bisa berjalan dengan baik, dan saya yakin sepak bolapun bisa dilaksanakan di sini (Kaltim-red)," jelas Awang.

Keberadaan tiga Stadion representatif di Samarinda yakni Stadion Utama Palaran, Stadion Madya Sempaja dan Stadion Segiri Samarinda, diyakini bisa menjadi sarana yang nyaman bagi timnas selama melakoni pemusatan latihan di Kaltim.

Disisi lain lanjut Awang keberadaan timnas selama menjalani latihan di Kaltim, bisa membawa pengaruh positif dalam tatatan sosial dan ekonomi bagi masyarakat Kaltim, selain dampak akan kemajuan olaharaga itu sendiri.

Sementara itu Menteri Pemuda Olahraga Roy Suryo menyambut positif akan digelarnya pelatnas timnas sepakbola di Kaltim, meskipun terkait teknisnya tetap diserahkan kepada PSSI.

"Kalau saya tentu sangat setuju bila pelatnas bisa dilaksanakan di sini (Kaltim-red), karena di daerah lain seperti Malang, Jogjakarta, Bandung, Palembang yang telah mengelar pelatnas timnas sudah merasakan dampak positifnya," tegas Roy Suryo.

Roy Suryo tidak berani menyebutkan timnas mana yang kemungkinan bisa mengelar latihan di Kaltim, karena semua program persiapannya telah di atur oleh PSSI.

"Mau yang usia berapa U-19, U-16 semuanya kita serahakan ke PSSI, tapi pastinya saya ikut mendukung bila pelatnas dilaksanakan di Kaltim," tegas Roy Suryo. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013