Anggota Komisi I DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Marthinus  menegaskan  Dewan terus menagih janji Gubernur Kaltim Isran Noor untuk membangun lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Kutai Kartanegara (Kukar).

“Kepala Lapas yang lama kan baru diganti nih, sebelum beliau diganti, serah terima jabatan, saya sudah sampaikan juga di media bahwa kita menagih janji Pak Gubernur lokasi yang dijanjikan di Kukar,” kata Marthinus di Samarinda, Senin.

Hal tersebut menjadi perhatian DPRD Kaltim,  mengingat kondisi lembaga pemasyarakatan di Samarinda yang disebut sudah melebihi kapasitas sehingga perlu bangunan baru.

“Entah berapa nanti kesanggupan dari pemerintah, kita tidak memaksakan luasannya harus besar,” tuturnya.

Untuk itu, katanya DPRD Kaltim terus mendorong  dan berkoordinasi dengan pemerintah termasuk dengan Kepala Lapas yang baru.

Marthinus dari Fraksi PDI-P mengungkapkan di dalam (Lapas) itu sudah kacau. Sudah ada yang sering ribut, sering kelahi, terus masalah kecil charger hp sudah berebut, masalah kamar yang harusnya diisi beberapa orang tapi ada yang satu kamar sampai 40 orang dan kamar mandi  yang sudah tidak memenuhi syarat.

“Dalam waktu dekat Komisi I akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Lapas yang ada di Samarinda,” katanya. (R’Sya/ADV/DPRD Kaltim)

Pewarta: R'Sya Rahmadina

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022