Sangatta (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 134 calon haji asal Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur yang saat ini berada di Mekkah, Arab Saudi, dilaporkan dalam kondisi sehat, merasa nyaman dan beraktivitas ibadah dengan lancar setiap waktu.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kutai Timur H Fahmi Rasyad melalui Kepala Bidang Urusan Haji dan Umroh Haji H Nanang Suriansyah di Sangatta, Jumat, mengatakan, pihaknya menerima laporan bahwa seluruh calon haji asal Kutai Timur dalam kondisi sehat.

"Saya mendapat telepon langsung dari Tanah Suci melalui salah satu petugas kita yang melaporkan bahwa semua calon haji sehat dan jadwal ibadah berjalan lancar," kata Nanang Suriansyah.

Dikatakannya, soal adanya calon haji yang mengalami lelah dan pusing-pusing atau flu adalah hal biasa saja, karena faktor cuaca di Arab Saudi yang berbeda dengan di Tanah Air.

Tetapi, ujarmnya, hal itu tidak masalah sebab semua dapat ditangani oleh petugas haji yang mendampingi jamaah.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat khususnya para keluarga jamaah agar tidak perlu cemas, tetapi lebih baik memperbanyak doa kepada Allah SWT, agar senantiasa memberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah rukun Islam kelima itu dan kembali ke Tanah Air dengan menjadi haji mabrur.

Pihak Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kutai Timur juga rutin melakukan komunikasi dan kontak dengan jamaah haji di sana dan para petugas pendamping.

Para calon haji asal Kutai Timur tinggal di pemondokan Maktab nomor 15 sedangkan untuk nomor rumah adalah 311 yang lokasinya berada di wilayah Jumairah, sekitar 1,5 kilometer dari Masjidil Haram.

Seluruh calon haji Kutai Timur dilaporkan sudah melaksanakan umroh, dan kegiatan ibadah rutin, tinggal menunggu hari puncak haji Wukuf di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013