Nunukan (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara akan membangun jaringan listrik di sejumlah pelosok di wilayah itu pada 2014.

Kepala Dinas Pertambangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Nunukan, Abdul Azis Muhammadiyah, di Nunukan, Kamis, menyatakan pemerintah daerah telah memprogramkan pembangunan jaringan listrik di pelosok Pulau Sebatik, Pulau Nunukan dan Krayan yang berbatasan dengan Negara Bagian Sarawak, Malaysia.

Program ini merupakan salah satu upaya pemerintah setempat untuk mewujudkan "Perbatasan Menjadi Terang Benderang" bekerja sama dengan PT PLN, kata dia, saat dengar pendapat dengan warga setempat di DPRD Nunukan.

Di Pulau Sebatik, lanjut Abdul Azis, diupayakan akhir 2013 ini telah dibangun jaringan listrik di Kampung Enrekang-Sungai Buaya hingga Bambangan.

"Pembangunan jaringan listrik di pelosok Pulau Sebatik ditargetkan bisa dimulai pembangunannya pada tahun ini (2013) juga," bebernya.

Bahkan, kata Abdul Azis, di Kampung Tellange Kecamatan Sebatik Tengah pemerintah daerah telah melakukan pengukuran pada titik-titik yang akan dilewati jaringan listrik tersebut.

Ia meminta kepada masyarakat setempat untuk mengawasi proses pembangunan jaringan listrik yang dimaksudkan dalam rangka kelancaran pelaksanaannya karena Pemkab Nunukan akan menganggarkan pada 2014 nanti.

Terkait dengan jaringan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMG) Sebaung yang pembangunannya dalam tahap penyelesaian diharapkan telah dinikmati sebagian wilayah Pulau Sebatik dengan cadangan daya yang cukup memadai.

"Insya Allah, Nunukan cerah telah bisa kita wujudkan sebagiaman janji Bupati Nunukan (Drs Basri) dan DPRD selama ini," ungkap Abdul Azis didepan anggota DPRD Nunukan dan warga pelosok Pulau Sebatik.

Begitu juga di Desa Binusan Kecamatan Nunukan, Kadistamben dan SDM Kabupaten Nunukan juga menyatakan telah memprogramkan pembangunan jaringan listrik sepanjang lima kilometer pada 2013 termasuk wilayah Seimengkadu Kecamatan Nunukan Selatan pada 2014.

Selanjutnya di sejumlah wilayah pelosok seperti Long Bawan di Kecamatan Krayan dan sekitarnya sebagai kesinambungan program Pemkab Nunukan akan dibangun jaringan listrik, ujar dia.

"Program pemda ini juga harus dikomunikasikan dengan kemampuan PT PLN selaku pemasok listrik negara," katanya. (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013