Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mengapresiasi upaya Center for Strategic and International Studies (CSIS) yang menggelar survei untuk mengetahui arah dan kecenderungan pilihan politik generasi muda.
 

“Hasil survei CSIS ini bisa menjadi dasar atau acuan bagi kami di Otorita IKN untuk melihat tingkat pemahaman dan penerimaan generasi muda atas pembangunan di IKN,” kata Koordinator Tim Informasi dan Komunikasi Otorita IKN Sidik Pramono, Senin.

Survei CSIS yang diumumkan Senin (26/9) di Jakarta itu menyebutkan bahwa generasi muda Indonesia percaya pemerintah akan berhasil membangun Ibu Kota Nusantara.

Hasil survei menunjukkan, sebanyak 51,4 persen responden yakin terhadap keberhasilan program IKN.

Responden berjumlah 1.200 orang tersebar di 34 provinsi dan berusia antara 17-39 tahun. Anak-anak muda ini juga memiliki pengetahuan yang cukup tentang IKN. Jumlah mereka hingga 82 persen.

Kemudian, sebanyak 49,8 persen mereka juga terus tertarik untuk mengetahui program pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

Sidik mengungkapkan, hasil survei ini membuat Otorita IKN semakin bersemangat mewujudkan ibu kota Indonesia yang modern namun tetap selaras bersama alam, dan berkelas dunia.

Sebab itu, kata Sidik, penting bagi generasi muda untuk berpartisipasi dan turut mendukung pembangunan IKN dan pengembangannya ke depan.

Pembangunan jalan sudah berlansung, di kawasan inti pemerintahan IKN Nusantara, beberapa waktu lalu. IKN Nusantara dirancang sebagai kota smart yang antara lain ditandai dengan selimut hotspot internet. (ANTARA/novi abdi)

Selanjutnya Otorita IKN akan berupaya meningkatkan pengenalan IKN ke seluruh daerah di Indonesia, perguruan tinggi, dan masyarakat yang lebih luas.

“Dengan dukungan dari generasi muda, kami semakin yakin bahwa IKN akan berhasil,” kata Sidik.

Sementara ini, di lokasi inti pembangunan di Sepaku, di kawasan yang saat ini sebagian besarnya masih dikelola PT ITCI sebagai hutan tanaman industri, sejumlah pembangunan sudah berlangsung. Saat ini sedang dibangun badan jalan untuk akses ke lokasi-lokasi proyek istana negara, kantor-kantor kementerian, dan markas besar TNI.

Sarana pendukung ibukota berupa fasilitas air bersih juga tengah dalam pembangunan, yaitu Bendungan Sepaku. Saat ini juga sedang berlangsung persiapan pelabuhan untuk angkutan logistik proyek. 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022