Korem 091/ASN (Aji Surya Natakesuma) Samarinda, Kalimantan Timur, mengelar lomba Cerdas Cermat Agama Islam dan Bela Negara jenjang SMP dan yang sederajat guna memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.


"Tujuan lomba cerdas cermat ini untuk meningkatkan kesadaran memaknai Quran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI," ujar Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi dalam rilis Penrem di Samarinda, Rabu.

Lomba ini diharapkan menjadi sarana untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan pendidikan agama kepada generasi penerus bangsa, menjunjung tinggi sportivitas, dan manfaatkan wahana untuk mengasah pikiran dalam meningkatkan pengetahuan.

Cerdas cermat ini merupakan upaya untuk mendidik dan menanamkan nilai-nilai nasionalisme, bahkan merupakan salah satu upaya mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara sehingga tercipta generasi yang berkarakter.

"Kegiatan ini juga merupakan pondasi yang wajib dimiliki anak sejak dini, yakni saat ini masih level Sekolah Menengah Pertama," ujar Dendi saat pembukaan Cerdas Cermat tersebut di Makorem 091/ASN Samarinda, Selasa (2/8).

Sejumlah guru memberikan apresiasi kepada Korem 091/ASN yang menyelenggarakan Cerdas Cermat Agama Islam dan Bela Negara Tingkat Korem 091/ASN ini, bahkan mereka berharap bisa digelar minimal tiap tahun.

Meski pembangunan pendidikan tidak langsung menjadi tupoksi utama TNI, namun Korem 091/ASN tetap menaruh perhatian terhadap upaya meningkatkan kecerdasan siswa dan upaya meningkatkan kesadaran bela negara.

Materi Agama Islam yang angkat dalam cerdas cermat ini adalah Aqidah, Fiqih, Akhlak, Al-Quran, Tarikh, Tajwid dan Hafalan Surah Pendek, sedangkan materi Bela Negara yaitu Pancasila, Undang-Undang Negara RI, Lembaga Negara, sejarah, dan Cinta Tanah Air.

"Melalui lomba ini diharapkan dapat menumbuhkan minat, bakat dan kreativitas bidang Bela Negara dan Pendidikan Agama Islam, meningkatkan nilai akhlak, dan sebagai sarana interaksi antara siswa di wilayah Korem 091/ASN," katanya.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022