Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0904/TNG Tanah Grogot Kabupaten Paser, meraih posisi empat besar nasional dalam lomba pembinaan teritorial (binter) tingkat utama tahun 2013 yang digelar Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad).

“Lomba ini diikuti kodim seluruh Indonesia dan Kodim 0904/TNG yang mewakili Kodam VI Mulawarman berhasil meraih peringkat empat besar nasional,” kata Dandim 0904/ TNG  Letkol (Inf) M.N. Nasution, di Tana Paser, Rabu.

Menurut Nasution, prestasi yang dicapainya berkat kerja keras yang dilakukan jajaran kodim 0904/TNG untuk meraih yang terbaik pada lomba Binter Utama 2013.

“Berkat kerja keras jajaran Kodim 0904/TNG, kami mendapat peringakat yang cukup membanggakan dengan meraih tropi binter tingkat utama,” katanya.

Prestasi dalam lomba binter juga kata Nasution pernah diraih Kodim 0904/TNG pada 2007 lalu. Saat itu Kodim 0904/TNG  meraih tropi binter tingkat Madya.

“Ada peningkatan prestasi, jika sebelumnya meraih prestasi binter tingkat madya, maka pada 2013 ini prestasi yang diraih setingkat lebih tinggi,” katanya

Menurut Nasution, ada parameter keberhasilan TNI dalam melaksanakan pembinaan teritorial yang bertumpu pada dua sasaran yang ingin dicapai.

Pertama, terciptanya dukungan dari pemerintah terhadap TNI dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Kedua, meningkatnya dukungan masyarakat terhadap TNI sehingga terwujudnya kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka tercapainya tugas pokok TNI AD.

Binter kata Nasution merupakan sistem pembinaan khas TNI yang digali dari pengalaman perjuangan bersenjata maupun pengalaman dalam turut serta menegakan konstitusi, katanya. (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013