Komando Resor Militer (Korem) 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Samarinda, Kalimantan Timur, menyembelih hewan kurban sebanyak 17 ekor sapi untuk dibagikan kepada keluarga besar Korem, warga sekitar, dan anak yatim piatu.


"Idul Adha ini harus kita jadikan sebagai momentum untuk berbagi," ujar Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi saat menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Korem 091/ASN yang diterima Kabintal Korem 091/ASN Kapten Infanteri Utama, Minggu.

Menurutnya, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ini merupakan suatu bentuk ibadah yang berhubungan langsung dengan sang pencipta, karena Allah SWT melihat keteguhan hati dan tingkat keimanan yang tinggi dari makhluk dalam menjalankan perintah-Nya.

"Allah Subhanahu Wataala tidak membutuhkan sesuatu apapun dari umat manusia, oleh karenanya penekanan yang terpenting justru kepada aspek horisontal atau hablumminannas, yang pada hakikatnya adalah untuk kebaikan umat manusia itu sendiri," ujarnya.

Ibadah kurban yang digelar setiap tahun, lanjut Dendi melalui rilis yang dikirim oleh Bagian Penerangan Korem 091/ASN, diharapkan dapat menjadi sumber kekuatan bagi setiap mukmin untuk membangun kualitas dalam kehidupan sosial di tengah masyarakat.

Ibadah kurban ini sekaligus juga mengisyaratkan bentuk keikhlasan dalam membantu kesulitan bagi sesama, sehingga setiap orang pada akhirnya akan memiliki sikap rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara, di atas kepentingan pribadi maupun kelompok.

Ia mengatakan bahwa ada satu ekor sapi yang diserahkan kepada panitia kurban di Masjid Almusyawarah Samarinda, kemudian ada lagi satu ekor sapi diserahkan ke Mushola Miftahul Huda, Gang Soponyono Samarinda.

"Selanjutnya, sapi yang telah disembelih, dagingnya dibagikan kepada para mustahaq di sekitar Korem 091/ASN, yatim piatu, Warakawuri, veteran, pondok pesantren, dan sejumlah panti asuhan di Kota Samarinda," ujarnya.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022