Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata  (Disporapar) Kabupaten Paser menggelar seminar wirausaha yang diikuti sebanyak 150 pemuda setempat yang berlangsung di Hotel Kyriad Sadurengas.


"Peserta yang mengikuti seminar wirausaha tersebut sebagian besar mereka yang baru merintis usaha, namun ada juga yang  sudah membuka usaha," kata Kepala Disporapar Kabupaten Paser Muksin di Tanah Grogot, Rabu (29/6). 

Menurutnya, seminar tersebut penting bagi generasi muda yang ingin menekuni dunia usaha sekaligus menciptakan lapangan kerja. 

“Dengan seminar mereka mendapat pengetahuan dan wawasan baru tentang dunia wirausaha,” katanya.

Muksin menuturkan, selama seminar mereka diberikan bekal dan motivasi untuk membuka usaha yang seluas-luasnya, apalagi Kabupaten Paser adalah salah satu daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru. 

Dikemukakannya bahwa program kepemudaan saat ini lebih difokuskan untuk berwirausaha agar mereka siap dalam menyongsong IKN dengan mengembangkan usaha dan memperoleh akses memasarkan produk mereka.yang mampu bersaing.

"Melalui seminar para peserta mendapatkan pencerahan bahwa pekerjaan menjanjikan bukan sekedar menjadi seorang aparatur pemerintah, tetapi juga menjadi wirausaha juga sangat menjanjikan," ucapnya.

Muksin menegaskan bahwa pemuda tidak melulu dan berharap menjadi PNS. Tetapi pemuda harus berani buka usaha karena banyak lapangan usaha yang berpotensi dikembangkan. Jadi pemerintah mendorong mereka untuk membuka peluang usaha agar mandiri dan berdaya saing.

Pada seminar tersebut  panitia menghadirkan narasumber dari akademisi Universitas Mulawarkan (Unmul) Samarinda dan praktisi atau pengusaha.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022