Korem 091/ASN Samarinda, Kaltim, menggandeng sejumlah pihak melakukan plogging atau jogging sambil memungut sampah pada kawasan tertentu yang dilalui agar bersih, sekaligus untuk mengingatkan warga tidak membuang sampah sembarangan.


"Plogging ini mengangkat tema ‘'Walk For Awareness (WFA)', Aksi Bersih Lingkungan plus kampanye peduli anak berkebutuhan khusus," ujar Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi dalam sambutan yang dibacakan Kasrem Kolonel Inf Khabib Mahfud saat membuka gelar itu di Samarinda, Sabtu.

Pihak yang digandeng dalam giat ini antara lain komunitas pelari, anak berkebutuhan khusus, Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim, dengan giat dibuka di lapangan Makorem 091/ASN Jl Gajah Mada, Kota Samarinda.

Sedangkan jarak yang ditempuh untuk plogging sepanjang 5,14 km, star dari Lapangan Makorem 091/ASN, menuju Jl Gajah Mada, Jl Yos Sudarso, Jl Niaga Timur, Jl Imam Bonjol, Jl Basuki Rahmad, Jl Agus Salim, dan Jl Kesuma Bangsa.

Sedangkan untuk plogging dilakukan di kawasan GOR Segiri (Jl Kesuma Bangsa), berlanjut ke Jl Bhayangkara atau Taman Samarenda, Jl Milono, Jl Tirta Kencana, Jl Jend Sudirman, dan kembali ke Lapangan Makorem 091/ASN.

Saat membacakan sambutan, Kasrem 091/ASN menyampaikan,telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa olahraga memiliki berbagai manfaat, baik bagi tubuh maupun mental, sehingga ia mengajak semua pihak rajin olahraga.

Manfaat olahraga juga bisa meningkatkan kinerja otak, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, menunda keterbatasan fisik saat usia lanjut. Tidak hanya fisik, psikis juga akan mendapatkan manfaat dari berolahraga, seperti mengurangi stres, memperbaiki suasana hati, dan tidur lebih nyenyak.

"Di tengah kita juga saat ini hadir anak-anak berkebutuhan khusus dan berkemampuan khusus, semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menghibur dan menyadarkan kepada kita bahwa mereka juga memiliki kemampuan yang dapat kita banggakan," katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kadis Pemuda dan Olahraga Kaltim Agus Tianur, Ketua Panitia Pelaksana Farah Flamboyant, Wakil Ketua Baznas Kota Samarinda Ahmad Syahir Idris, para dokter spesialis saraf, dan para komunitas pelari Samarinda.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022