Sekitar 150 prajurit TNI dari Korem 091/ASN (Aji Surya Natakesuma) Samarinda, Kalimantan Timur, melakukan gowes dilanjutkan dengan jalan kaki sambil memungut sampah (plogging) di kawasan yang dilintasi, guna mengurangi beban bumi dari plastik. 


"Olahraga gowes dan plogging yang dilakukan ini lebih dari sekadar memungut sampah, tapi sekaligus aktivitas olahraga yang cukup menyenangkan dan menyehatkan," ujar Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi dalam kegiatan itu di Samarinda, Sabtu. 

Aktivitas ini selain sehat, plogging tersebut juga mengajak orang-orang yang melihat peserta untuk bisa meningkatkan kesadaran dalam pemeliharaan lingkungan, karena sampah adalah masalah bersama sehingga warga setempat harus sadar dan tidak membuang sampah sembarangan. 

Pesan moral yang diselipkan dalam olahraga ini menjadi ide cemerlang yang sangat hebat. Tidak hanya ide yang patut diacungkan jempol, tapi penggiat olahraga plogging pun diisi dengan orang-orang hebat juga.

Para plogging dengan penuh semangat dan tanpa rasa malu, setiap peserta bersepeda melanjutkan jalan kaki sambil memungut sampah, kemudian mengumpulkan dalam kantong yang telah mereka siapkan masing-masing.

Dalam gowes sambil plogging ini juga diikuti oleh Dony Adhika, Youtuber Cyclist Yogyakarta dan kawan-kawannya. Gowes dimulai dari lapangan Makorem 091/ASN Jl. Gajah Mada Nomor 11, Samarinda.

Rute gowes dibagi dua, untuk pria dan wanita. Untuk pria menempuh jarak 23 km dengan rute Jl Gajah Mada, Jl RE Marthadinata, Jl Slamet Riyadi, menuju Samarinda Seberang melalui Jembatan Mahakam. 

Lanjut ke Jl Cipto Mangunkusumo, Jl Bung Tomo, Jl P Bendahara, Kampung Ketupat, Jl Mangkupalas, Jl TJ Datu, Jl Sejati, Jl Sultan Alimuddin, Jl Lumba-lumba, Jl Gurami, Jl Yos Sudarso, Jl Gajah Mada, kembali ke Lapangan Korem 091/ASN.

Sedangkan untuk goweser wanita menempuh jarak 10 km, dimulai dari Lapangan Korem 091/ASN, Jl Gajah Mada, Jl RE.Marthadinata, Jl Slamet Riyadi, cek poin, balik arah depan Mapolresta Samarinda, Jl Slamet Riyadi, Jl RE.Marthadinata, Jl Gajah Mada, kembali ke Lapangan Korem 091/ASN.

Peserta gowes pria istirahat di Kampung Ketupat sambil melakukan pembersihan sampah dan penyerahan tong sampah oleh Danrem 091/ASN kepada warga Kampung Ketupat, Kecamatan Samarinda Seberang.

Sedangkan peserta gowes wanita yang dipimpin Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Korem 091 PD VI/Mulawarman Nyonya Ira Dendi Suryadi, melaksanakan bersih-bersih di Taman Bebaya Tepian Mahakam.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022