Samarinda-  (ANTARA Kaltim)- Memasuki masa mudik lebaran, Anggota  Komisi I DPRD Kaltim Rakhmat Majid Gani meminta agar keamanan lebih ditingkatkan. Berbagai fasilitas umum seperti jalan raya, bank, pusat perbelanjaan, pasar tradisional, tempat ibadah serta lokasi lain yang dinilai rawan harus mendapat perhatikan lebih.

“Umumnya memasuki Ramadan aktivitas masyarakat sudah meningkat, terlebih menjelang dan mendekati hari raya. Tidak hanya aktivitas dalam kota, aktivitas arus mudik makin sibuk. Ini perlu diwaspadai dengan meningkatkan dan mengoptimalkan keamanan,” ungkap Majid, sapaan akrab politikus Partai Amanat Nasional ini.

Meski meyakini bahwa persiapan pengamanan telah dilakukan, namun imbauan ini disampaikan Majid agar keamanan bisa lebih optimal. 

“Demi memastikan keamanan baik bagi pemudik, maupun masyarakat yang hilir mudik dengan kesibukannya selama Ramadan, saya juga meminta agar setiap permasalahan yang terjadi bisa segera ditangani,” kata Majid.

Terkait keamanan, ini memang menjadi tanggung jawab kepolisian untuk memastikan seberapa besar tingkat keamanan yang dipersiapkan dan dilakukan. “Tingkat keamanan dan pelayanan yang baik akan menciptakan kenyamanan bersama,” imbuhnya.

Majid juga mengimbau agar kepada pemudik yang akan melakukan perjalanan jauh mempersiapkan kendaraan. Bagi pemudik dengan roda dua, agar melakukan perjalanan pada siang hari.

“Apalagi pada jalur-jalur lintasan panjang pemudik, seperti dari Samarinda menuju Balikpapan, Sangatta-Bontang-Samarinda, khusus pengendara roda dua lebih baik lakukan perjalanan pada siang hari. Sebab umumnya kendaraan pribadi roda empat dan kendaraan besar melintas pada malam hari. Ini lebih rentan kecelakaan,” papar Majid.

Majid juga mengapresiasi langkah Dinas Perhubungan Kota Balikpapan yang mengaktifkan Posko Lebaran pada 1 Agustus mendatang di titik-titik keramaian untuk memberi kenyamanan pada pemudik yang akan kembali ke daerahnya.
 
“Posko ini juga akan menjadi tempat bagi pemudik untuk mendapatkan informasi bantuan. Ini memang sangat dibutuhkan,” sebutnya. (Humas DPRD Kaltim/adv/lia/met)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013