Nunukan (ANTARA Kaltim) - Pengiriman paket melalui Kantor Pos Kecamatan Nunukan Kalimantan Utara sejak 22 Juli 2013 mulai memperlihatkan peningkatan signifikan.

"Iya, mulai 22 Juli lalu mulai nampak banyak orang mengirimkan paket keluar," kata Kepala Kantor Pos Kecamatan Nunukan, Carianto di Nunukan, Jumat.

Pengiriman paket, lanjut Carianto, terus mengalir dengan tujuan sebagian besar Pulau Jawa, kemudian Sulawesi Selatan dan Barat.

Menurut dia, pengiriman paket keluar merupakan terbanyak sedangkan paket yang masuk jumlahnya sangat sedikit atau mengalami penurunan drastis.

"Jadi pengiriman (paket) keluar yang paling banyak dan mengalami peningkatan. Kalau pengiriman masuk malah menurun selama bulan puasa ini," terang dia.

Ia mengatakan, pengiriman paket melalui di Kantor Pos Nunukan biasanya ramai pada Senin dan Selasa karena pertimbangan cepat dikirim sehingga lebih singkat tiba di daerah tujuan.

Selain daripada itu, memasuki pekan kedua bulan suci Ramadhan 1434 Hijriyah, pengiriman uang melalui Kantor Pos Nunukan Kalimantan Utara mulai mengalami peningkatan dibandingkan pada hari sebelumnya.

Carianto menyatakan, pengiriman uang paling banyak berasal dari luar negeri yakni Sabah Malaysia sedangkan pengiriman uang keluar wilayah Nunukan jumlahnya lebih sedikit.

"Pengiriman uang masuk (Nunukan) akhir-akhir ini mulai meningkat pula dan sebagian besar dikirim oleh TKI dari (Sabah) Malaysia," katanya.

Hanya saja dia mengaku tidak mengetahui secara pasti nominal uang yang telah dibayarkan kepada pemiliknya karena mengenai data semacam itu kewenangan Kantor Pos Kota Tarakan yang mengeluarkannya.

"Saya lupa jumlah nominal yang kita sudah bayarkan, lagian yang berhak mengeluarkan data semacam itu kan Kantor Pos (Kota) Tarakan," ujar Carianto.    (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013