Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Selasa (3/5), mulai dari Presiden Joko Widodo imbau pemudik kembali lebih awal hindari kepadatan arus balik, hingga tanggapan pengamat tentang silaturahmi ke rumah Mega menguatkan prospek Prabowo-Puan.


Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum Kantor Berita ANTARA.

1. Jokowi imbau pemudik kembali lebih awal hindari kepadatan arus balik
Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran untuk kembali dari kampung halaman lebih awal guna menghindari kepadatan dalam arus balik.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak bapak/ibu dan saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal," kata dia, dalam pernyataan terkait dengan arus balik Lebaran yang disampaikan virtual dari Gedung Agung, Yogyakarta, Selasa (3/5).

Selengkapnya baca di sini.

2. Puan harap Pemuda Muhammadiyah bersinergi dalam membangun bangsa
Ketua DPR, Puan Maharani, mengucapkan selamat merayakan ulang tahun bagi segenap pimpinan dan kader Pemuda Muhammadiyah se-Indonesia dan berharap agar Pemuda Muhammadiyah terus bersinergi dalam membangun bangsa.

"Semoga semangat bersinergi dalam membangun bangsa yang menjadi jargon Milad ke-90 ini dapat tersampaikan ke seluruh penjuru negeri, karena kehadiran Pemuda Muhammadiyah dalam setiap aspek pembangunan bangsa selalu dinanti," kata dia, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (3/5).

Selengkapnya baca di sini.

3. Jokowi cermati antrean pemudik di Pelabuhan Merak-Bakauheni
Presiden Joko Widodo mencermati antrean pemudik di Pelabuhan Merak dan Bakauheni akibat volume kendaraan tidak sebanding dengan kapasitas dermaga di sana.

"Syukur alhamdulillah, perayaan Idul Fitri tahun ini berjalan dengan baik. Arus mudik juga lancar meski ada sedikit kendala di lapangan, seperti antrean di Pelabuhan Merak dan Bakauheni," kata dia, dalam akun Instagram @jokowi, yang dikutip di Jakarta, Selasa (3/5).

Selengkapnya baca di sini.

4. Ketua MPR ingatkan pentingnya nilai kebersamaan dalam berlebaran

Ketua MPR, Bambang Soesatyo, mengingatkan pentingnya nilai kebersamaan dalam berlebaran karena mampu menghadirkan kebahagiaan, menjadi momen berkumpul dengan keluarga dan kerabat.

"Idul Fitri dapat dimaknai sebagai hari kemenangan yang mempersatukan. Idul Fitri mampu menghadirkan kebahagiaan karena menjadi momen berkumpul dengan keluarga dan kerabat," kata dia dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (3/5).

Selengkapnya baca di sini.

5. Pengamat: Silaturahmi ke rumah Mega kuatkan prospek Prabowo-Puan

Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Khoirul Umam, berpendapat silaturahmi Prabowo Subianto kepada Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, menguatkan prospek Prabowo-Puan Maharani pada Pemilu 2024.

"Kedekatan ini makin menguatkan kemungkinan pasangan calon presiden/wakil presiden Prabowo-Puan di kontestasi Pilpres 2024," kata Umam di Jakarta, Selasa (3/5).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022