Samarinda (ANTARA Kaltim) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Timur dan Universitas Mulawarman sepakat menjalin kerja sama dalam mendukung pengembangan olahraga di provinsi itu, yakni memberikan kemudahan kepada atlet berbakat untuk menuntut ilmu pada sejumlah fakultas.

Dalam pertemuan silaturahim antara KONI Kaltim yang dipimpin oleh Ketua Umumnya, Zuhdi Yahya, dengan pihak Universitas Mulawarman (Unmul) yang langsung diterima Rektor Unmul Zamruddin Hasid di Samarinda, Jumat, bersepakat untuk lebih nyata menjalin kerja sama itu dengan segera membuat nota kesepahaman bersama (MoU).
     
"Tadi sudah disepakati, kita dalam waktu dekat ini segera membuat dan menandatangani MoU, jadi pertemuan hari ini sifatnya silaturahim namun Alhamdulilah hasilnya sangat positif," ujar Zuhdi Yahya.
      
Salah satu hal yang juga disetujui bersama dalam pertemuan itu meskipun belum tertuang dalam MoU adalah kedua belah pihak sepakat, hanya fakultas kedokteran non dispensasi kepada atlet berprestasi yang ingin kuliah di universitas negeri pertama di Kalimantan Timur itu.
       
"KONI turut memikirkan kesejahteraan para pelaku olahraga seperti pelatih dan atlet," kata Zuhdi.

Bentuk perhatian yang telah diberikan antara lain pemberian bonus atlet serta rektrutmen PNS melalui kerja sama dengan pemerintah daerah.
     
"Saat ini KONI segera menjalin kerja sama dengan Unmul untuk memberi kemudahan bagi atlet yang berprestasi  dapat masuk ke Universitas Mulawarman," kata Zuhdi Yahya yang datang bersama jajaran pengurus KONI Kaltim lainnya, antara lain Sekum Afiat Mirsyam Rasyid dan Ketua Bidang Kesejahteraan Pelaku Olahraga Syahril Bardin

Rektor Unmul  Zamruddin Hasid yang didampingi Pembantu Rektor (PR) I, Afif Ruchaemi dan Pembantu Rektor (PR) III, Helminuddin menyambut baik rencana kerja sama dengan KONI Kaltim.
    
Rektor menyatakan bangga dengan inisiatif KONI Kaltim dalam memikirkan masa depan atlet berprestasi Kaltim.
    
"Kami juga merasa terhotmat dan bangga jika bisa memberikan andil bagi kemajuan olahraga daerah ini," kata Zamruddin Hasid. (*)

Pewarta: Datiz

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013