Sangatta (ANTARA Kaltim) - Balai Taman Nasional Kutai (TNK) melakukan kerja sama bilateral dengan PT Pertamina EP Field Sangatta untuk membangun sebuah pusat studi di Desa Sangkima, Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur, Kaltim.

"Ada keinginan Pertamina EP untuk membangun Desa Sangkima, jadi bantuan dana akan diarahkan untuk program tersebut yang akan dimulai tahun 2013 dan berlanjut pada 2014 mendatang," kata Kepala Balai TNK Ir Erli Sukrismanto di Sangatta, Sabtu (6/7).

Menurut dia, Pertamina EP berharap ke depan Desa Sangkima akan menjadi tempat wisata sekaligus sebagai pusat penelitian pendidikan yang betul-betul sesuai dengan standar.

Ia mengatakan, pusat penelitian pendidikan dan empat wisata di Sangkima berada dalam kawasan Taman Nasional Kutai, sehingga sangat tepat dengan program tersebut.

"Paling tidak bisa memenuhi keinginan pengunjung, baik pengunjung wisata maupun pengunjung penelitian," ujarnya lagi.

Sebelumnya, Field Manager PT Pertamina EP Sangatta Abdul Muhar mengatakan pihaknya mengucurkan dana hingga Rp600 juta untuk program kerja sama dengan Balai Taman Nasional Kutai (TNK).

Menurut Field Manager Abdul Muhar didampingi manajer layanan operasi Nanang Electa, pada 2013 ini Pertamina membantu TNK untuk melaksanakan berbagai program pembangunan dalam rangka menjaga lingkungan dan pelestarian hutan dan program pembangunan wisata dan penelitian.

"Setiap tahun Pertamina EP Field Sangatta menjadi mitra dan akan terus berkomitmen untuk bekerja sama dengan TNK dalam menjaga dan melestarikan hutan dan lingkungan," katanya.

Pada 2013 ini pertamina memberikan bantuan kepada TNK senilai Rp600 juta sebagai bentuk dukungan dalam kegiatan kemitraan. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013