Samarinda (ANTARA Kaltim) - Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya, dijadwalkan akan mengunjungi Kampung Tenun Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (24/6).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Samarinda, Puji Setyowati Jaang, melalui siaran pers Humas dan Protokol Sekretariat Kota Samarinda, Minggu, menyatakan Balthasar Kambuaya dijadwalkan akan meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang berada di kawasan Kampun Tenun Samarinda.

Selain Menteri Lingkungan Hidup, Ketua Umum Dekranas yang juga isteri Wakil Presiden RI, Herawati Boediono juga dijadwalkan hadir di Kampung Tenung di Kelurahan Masjid, Samarinda Seberang.

"Ibu Wapres yang juga Ketua Umum Dekranas dan Menteri Lingkungan Hidup akan meresmikan penggunaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang dibangun atas bantuan Kementerian LH di Kampung Tenun. Sebelum dioperasikan, terlebih dahulu dilakukan penyerahan IPAL dari kementerian LH ke Pemkot Samarinda," kata Puji Setyowati Jaang.

Pada kesempatan itu kata Puji Setyowati Jaang, juga akan dilakukan penyampaian "progres report" kegiatan yang dilaksanakan dalam program Dekranas Berseri-Bersih, sehat ramah, rapi dan Indah.

"Seperti kita ketahui, pada 14 Maret 2012, Ketua Harian Dekranas Pusat Ny Hj Okke Hatta Rajasa telah mencanangkan kampung Tenun Samarinda Seberang sebagai tujuan wisata nasional yang merupakan bagian dalam program Dekranas Berseri. Oleh karena itu, Besok (Senin) kami akan menyampaikan progresnya dan apa-apa penataan yang telah kita lakukan," kata Isteri Wali Kota Samarinda itu.

Sebelumnya, yakni pada Jumat (21/6) telah digelar rapat persiapan kunjungan Menteri Lingkungan Hidup dan Ketua Umum Dekranas antara Dekranasda Kota Samarinda dengan Dekranas di Kantor Dekranas Pusat di Jalan Ampera Raya No. 1.000, Jakarta Selatan.

Pada rapat tersebut Dekranas pusat dihadiri Ny Juni Djamaludin, Idaman, Sustini, Ervi dan beberapa pengurus serta staf ahli Kementerian LH Anton, Tulus serta sejumlah pengurus lainnya.

Sementara, dari Pemerintah Kota Samarinda dihadiri Asisten II Suko Sunawar, Kepala DKP Sugeng Chairuddin, Kepala BLH Endang Liansyah serta Ketua Dekranasda dan Sekretaris Dekranasda Kota Zahrotul Juniar. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013