Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Selasa (15/3), mulai dari Presiden Jokowi sebut Istana Negara di IKN dibangun di dataran tertinggi, hingga Ketua DPR tegaskan jadwal Pemilu 2024 telah disepakati.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

Presiden Jokowi: Istana Negara di IKN dibangun di dataran tertinggi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, akan dibangun di dataran tertinggi dengan ketinggian 80 meter di atas permukaan laut.

“Di sini ini titik Istananya. Ini tempat yang tertinggi, dari permukaan laut kira-kira 80 meter. Ini yang paling tinggi di sini sehingga bisa melihat ke penjuru kanan kiri,” kata Presiden Jokowi dalam paparannya di kanal Youtube Sekretariat Presiden yang diikuti di Jakarta, Selasa (15/3).

Selengkapnya baca di sini.



Inmendagri terbaru sebut wilayah PPKM level 3 menurun signifikan

Dirjen Bina Adwil Kementerian Dalam Negeri Safrizal menyampaikan jumlah wilayah yang menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 menurun signifikan dalam Instruksi Mendagri terbaru yang mulai berlaku Selasa 15 Maret 2022.

"Terjadi penurunan jumlah daerah yang berada di level 3 yang semula berjumlah 84 daerah menjadi 66 daerah (untuk Jawa-Bali)," kata Safrizal lewat pesan elektronik di Jakarta, Selasa (15/3).

Selengkapnya baca di sini.

Sejumlah menteri usul peringatan HUT RI 2024 digelar di IKN Nusantara

Presiden Joko Widodo mengungkapkan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju telah mengusulkan agar peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 digelar di ibu kota negara (IKN) Nusantara.

"Ya ini kan baru dimulai, namanya rencana, ada beberapa menteri yang menyampaikan untuk nanti di 2024 (peringatan) 17 Agustus dilakukan di sini," kata Presiden dalam video terbaru yang dirilis di kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden, Selasa (15/3).

Selengkapnya baca di sini.

Presiden Jokowi perkirakan pembangunan IKN selesai 15-20 tahun

Presiden Joko Widodo memperkirakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan memakan waktu sekira 15-20 tahun untuk betul-betul bisa selesai.

Pasalnya menurut Presiden membangun IKN Nusantara merupakan "pekerjaan yang raksasa besarnya" dan rumit.

Selengkapnya baca di sini.

Ketua DPR tegaskan jadwal Pemilu 2024 telah disepakati

Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan jadwal Pemilu 2024 telah ada kesepakatan bersama antara pemerintah, DPR RI, dan penyelenggara pemilu.

"Pemerintah, DPR, dan KPU sudah menyepakati bahwa pemilu pada tanggal 14 Februari 2024," kata Puan saat berkunjung ke Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta Pusat, Selasa (15/3).

Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Putu Indah Savitri

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022