Nunukan (ANTARA Kaltim) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) khususnya dari negara-negara ASEAN atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

Kepala Seksi Promosi Pariwisata Wilayah Kalimantan Direktorat Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kemenparekraf RI, Eri Suheriyah SAP, di Nunukan, Sabtu, menjelaskan selain kunjungan wisman dari negara-negara Eropa dan Uni Emirat Arab, Kemenparekraf RI juga sedang berupaya menarik wisman dari negara-negara ASEAN.

Upaya tersebut dibarengi dengan banyak melaksanakan kegiatan budaya di berbagai daerah atau mendorong kegiatan budaya yang dilaksanakan daerah seperti festival Nunukan gemilang, katanya.

"Festival Nunukan Gemilang 2013 salah satu bentuk kegiatan yang dapat menarik kunjungan wisman," ujar Eri Suheriyah.

Apalagi, lanjut dia, Kabupaten Nunukan yang berada di wilayah perbatasan dengan Malaysia dan Brunei Darussalam memungkinkan dapat mendatangkan kunjungan wisman dari kedua negara tersebut.

Selama 2013 ini, wisman asal negara ASEAN yang banyak berkunjung ke Indonesia berasal dari Malaysia dan Singapura, katanya.

Namun tidak hanya sampai di situ, lanjut dia, Kemenparekraf RI juga tetap berupaya maksimal untuk menarik minat warga negara lainnya yang tergabung dalam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara itu.

"Kita selalu berusaha menarik kunjungan wisman dari negara-negara lainnya di Asean selain Malaysia dan Singapura," ujar dia.

Ia mengharapkan dengan banyaknya kegiatan budaya yang dilaksanakan daerah-daerah di Indonesia dapat menarik perhatian wisman ke Indonesia. (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013