Kementerian Perdagangan membantu membangun tambahan kios di Pasar Rakyat Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada tahun ini (2022), kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) setempat Bustam.

Menurut Bustam di Penajam, Senin, sebanyak 205 kios tambahan akan dibangun di pasar rakyat berlokasi di Desa Babulu Laut, Kecamatan Babulu pada 2022.

"Bukan hanya pembangunan penambahan kios , tapi juga akan ditambah bangunan fasilitas umum seperti gudang, toilet dan lainnya, kami pastikan tahun ini pembangunannya selesai," ujarnya.

Pasar Rakyat Babulu di Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut merupakan pasar semi modern lanjut ia, anggaran pembangunan dari Kementerian Perdagangan atau Kemendag.

Anggaran pembangunan yang diberikan lebih kurang Rp6 miliar jelasnya, bersumber dari Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan 2022.

"Pembangunan Pasar Rakyat Babulu tahap ketiga untuk mengakomodir ratusan pedagang yang belum mendapatkan lapak atau kios di pasar itu," ungkapnya.

"Pembangunan lanjutan pasar rakyat akan menambah kapasitas pedagang yang ada di dalam pasar dengan tambahan kios maupun los sekitar 205 unit," tambahnya.

Pembangunan Pasar Rakyat Babulu tahap ketiga tersebut telah disetujui Kementerian Perdagangan pada 2021 kata Bustam, namun baru terealisasi karena anggaran dialihkan untuk penanganan COVID-19.

Pembangunan pasar rakyat dibuat lebih representatif menurut dia, agar para pedagang dan konsumen nyaman serta aman saat berada di Pasar Rakyat Babulu.

Pembangunan Pasar Rakyat Babulu tahap satu dan dua telah rampung sekitar dua tahun lalu, dengan 340 unit kios dan sudah memiliki akses jalan masuk.

Apabila pasar rakyat tersebut telah difungsikan maka banyak manfaat bagi perekonomian masyarakat di Kecamatan Babulu, serta dapat berkontribusi untuk PAD (pendapatan asli daerah).(Adv)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022