Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menargetkan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau penguat terhadap 500 pegawai di lingkungan pemerintah setempat per hari.

"Vaksinasi ketiga khusus pegawai pemerintah kabupaten ditargetkan 500 orang per hari," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Jense Grace Makisurat di Penajam, Sabtu.

"Kami punya target seluruh pegawai pemerintah divaksinasi penguat karena tidak ada kendala persediaan vaksin," tambahnya.

Vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau vaksinasi penguat, jelas dia, dianjurkan untuk seluruh masyarakat, serta para pegawai pemerintah yang telah mendapat vaksinasi dosis kedua.

Syarat untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga tersebut, lanjut ia, menunjukkan bukti telah mendapatkan vaksinasi kedua di tempat pelayanan vaksinasi.

Dengan percepatan vaksinasi penguat diharapkan jumlah warga Kabupaten Penajam Paser Utara yang terpapar COVID-19 perlahan berkurang.

"Harapan kami, vaksinasi dosis ketiga bisa membantu menekan angka penularan virus corona di wilayah Penajam Paser Utara," ucap Grace Makisurat.

Vaksinasi penguat sudah berjalan di Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Ratu Aji Putri Botung, serta di puskesmas-puskesmas.

Pelayanan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga bagi pegawai di lingkungan pemerintah kabupaten, menurut dia, telah diberikan surat dengan tempat dan jadwal vaksinasi yang ditentukan.

Vaksinasi penguat tersedia untuk masyarakat umum, serta bagi ASN (aparatur sipil negara) dan THL (tenaga harian lepas) Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Produk vaksin yang direkomendasikan untuk vaksinasi penguat yakni vaksin Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022