Samarinda, (ANTARA Kaltim)- - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalimantan Timur menyatakan menarik dukungan terhadap Aji Sofyan Alex yang telah mendaftar ke KPU setempat sebagai Calon Wakil Gubernur Kaltim mendampingi Farid Wadjdy.

"Surat penarikan dukungan ini telah kami serahkan kepada Ketua KPUD Kaltim. Surat penarikan dukungan terhadap Bapak Aji Sofyan Alex ini ditandatangani oleh Plh Ketua DPD PDIP Kaltim Dody Rondonuwu dan Plh Sekretaris Marten Apuy pada 28 Mei 2013," kata Wakil Ketua DPD PDIP Kaltim Sudarno di Samarinda, Rabu.

Sembari menunjuk surat tersebut, Sudarno juga membacakan isi suratnya, yakni menindaklanjuti surat DPP PDI Perjuangan Nomor 1884/EX/DPPN/2013 tangal 28 Mei 2013, perihal pemberitahuan dan penjelasan, maka DPD PDIP Kaltim menarik dukungan atau mencabut pendaftaran H. Aji Sofyan Alex sebagai Cagub Kaltim di KPU Kaltim.

Selain itu, katanya, DPP PDIP juga telah menerbitkan surat resmi untuk KPU Kaltim perihal pendaftaran Sofyan Alex untuk maju sebagai Calon Wagub Kaltim.

Surat tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Tjahjo Kumolo pada 28 Mei 2013 bernomor 1884/EX/DPP/V/2013.

Isi surat dari DPP PDIP itu, adalah untuk menjelaskan kepada KPU Kaltim bahwa pendaftaran yang dilakukan oleh Sofyan Alex tersebut tidak dilengkapi dengan izin atau rekomendasi dari DPP PDIP, sehingga Sofyan Alex merupakan kader yang tidak disiplin.

Disebutkan pula, bahwa Sofyan Alex telah dibebaskantugaskan dari jabatannya sebagai Ketua DPD PDIP Kaltim. Selain itu, Edy Kurniawan juga dibebastugaskan dari jabatan sebagai Sekretaris DPD PDIP Kaltim.

"Pendaftaran yang dilakukan olah Pak Sofyan tanpa adanya rekomendasi dari DPP ini merupakan tindakan yang melanggar dispilin. Bahkan kalau ini militer, maka sama saja disersi," katanya saat berbicara dengan sejumlah wartawan di Cafe Piramid, samping Kantor LKBN Antara Biro Kaltim di Jalan Dahlia, Samarinda. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013