Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat memfasilitasi puluhan jurnalis di provinsi itu mendapatkan vaksinasi ketiga atau booster untuk memperkuat imun tubuh dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra di Padang, Kamis mengatakan jurnalis memiliki peran vital dalam menyampaikan program pembangunan baik dari daerah maupun pusat kepada masyarakat sehingga harus memiliki kekebalan tubuh dalam menjalankan tugas jurnalistik.

"Rekan-rekan pers juga harus menjadi etalase terdepan dalam melakukan vaksinasi dalam menciptakan herd immunity," katanya.

Selain itu, program vaksinasi booster jurnalis ini juga dalam menyambut Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh di bulan Februari 2022 ini.

Menurut dia jurnalis merupakan garda terdepan dalam memberikan publik informasi yang objektif sehingga kesehatan mereka menjadi yang paling utama.

"Alhamdulillah tadi rekan-rekan pers antusias mengikuti program vaksinasi booster ini," kata dia.

Salah seorang jurnalis Muhammad Haikal mengatakan dirinya mengikuti vaksinasi booster ini untuk mengikuti anjuran WHO untuk menambah kekebalan tubuh menghadapi pandemi apabila sudah dua kali menjalankan vaksinasi dapat menambah vaksin ketiga.

"Saya sudah mendapatkan informasi di aplikasi PeduliLindungi untuk menjalankan vaksinasi booster namun saya masih menunggu kesempatan. Lalu ada informasi dari Polda Sumbar dan saya ikut di sana," katanya.

Ia mengatakan untuk vaksinasi booster ini, Polda Sumbar menyiapkan dua jenis vaksin yakni Moderna dan Pfizer dan karena vaksin pertama dan kedua menggunakan Sinovac, dirinya memilih Pfizer untuk vaksin ketiga ini.

"Kita mengajak warga masyarakat untuk menjalankan vaksinasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menciptakan herd immunity dalam menghadapi pandemi COVID-19," kata dia.

Sebelumnya ada 69 jurnalis dari media cetak, media elektronik, media siber yang mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan vaksinasi booster yang digelar Polda Sumbar di Mapolda Sumatera Barat pada Kamis (3/2).

Pewarta: Mario Sofia Nasution

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022