Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, membantu lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) untuk mendapatkan pekerjaan.

"Kami akan membantu lulusan SMK untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang membuka lowongan kerja," ujar Kepala Disnakertrans Kabupaten Penajam Paser Utara, Suhardi di Penajam, Senin.

Pengelola SMK diharapkan dapat menjembatani peserta didik untuk mendapatkan sertifikasi profesi dari LSP (lembaga sertifikasi profesi).

Sehingga peserta didik saat lulus sekolah, jelas dia, memiliki sertifikat profesi dari LSP tersebut yang dapat menunjang untuk mendapatkan pekerjaan.

Disnakertrans Kabupaten Penajam Paser Utara juga terus mendorong setiap SMK negeri maupun swasta agar membentuk bursa kerja khusus.

Bursa kerja khusus di setiap SMK, menurut dia, sangat bermanfaat bagi lulusan SMK yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Bursa kerja khusus tersebut akan menjadi pusat informasi lowongan pekerjaan, serta diharapkan dapat mendata seluruh lulusan SMK.

Data lulusan SMK sangat diperlukan oleh Disnakertrans Kabupaten Penajam Paser Utara untuk membantu para lulusan SMK yang belum mendapatkan pekerjaan.

"Kami berharap seluruh SMK baik negeri maupun swasta memiliki bursa kerja khusus, karena masih ada SMK belum membentuk bursa kerja khusus," ucapnya.

“Bursa kerja khusus itu memberikan informasi lowongan kerja, penyaluran dan penempatan tenaga kerja setiap ada lowongan pekerjaan," kata Suhardi.

Disnakertrans Kabupaten Penajam Paser Utara terus berupaya membantu penyerapan tenaga kerja lulusan SMK, dan menginformasikan lowongan pekerjaan di perusahaan yang menjadi mitra melalui bursa kerja khusus di SMK.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021