Tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, mengambil kebijakan mendatangi langsung rumah warga yang belum melaksanakan vaksinasi COVID-19 dosis pertama.

"Kami harus mendatangi rumah warga, karena masih ada sejumlah desa yang presentasi vaksinasi di bawah 60 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan Helni Ratuliu di Ratahan, Sabtu.

Ia mengungkapkan, masih ada 34 desa yang masuk zona merah karena capaian vaksinasi di bawah 60 persen.

"Dari pelaksanaan vaksinasi ke rumah warga ini, semakin banyak yang memberi diri untuk divaksin. Strategi ini cukup berhasil," katanya.

Ia mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi ke rumah warga ini akan terus dimaksimalkan sampai akhir pekan ini.

"Petugas kami dari Puskesmas dibantu TNI dan Polri, berkunjung ke rumah-rumah warga untuk melaksanakan vaksinasi," ujarnya.

Ia juga memastikan target 80 persen warga Minahasa Tenggara yang divaksin COVID-19 sampai akhir tahun 2021 dapat terpenuhi.

"Dukungan semua pihak ditambah dengan kesadaran dari warga untuk melakukan vaksinasi, sangat penting guna mencapai target," katanya.

Selain itu kata Helni, pihaknya juga sedang memaksimalkan pemberian vaksinasi dosis kedua kepada masyarakat Minahasa Tenggara.

Berdasarkan data vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Minahasa Tenggara, dosis pertama telah mencapai 71,4 persen atau telah disuntikkan kepada 64.431 orang.

Sedangkan dosis kedua, jumlah warga yang telah mendapatkan vaksinasi yaitu 28.311 orang, atau 31,4 persen.
Target seluruh warga Kabupaten Minahasa Tenggara yang akan mendapatkan vaksin berjumlah 90.188 orang.

Pewarta: Jerusalem Mendalora

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021