Nunukan (ANTARA Kaltim) - Satuan tugas pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Malaysia di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, berencana menggelar perpustakaan keliling di wilayah perbatasan.

Kegiatan ini sebagai salah satu misi TNI AD penjaga perbatasan dalam mencerdaskan masyarakat di wilayah perbatasan, ungkap Komandan Satgas Pamtas Batalion 407 Padmakusuma di Kabupaten Nunukan Mayor Inf Ari Aryanto di Nunukan, Selasa.

Perpustakaan keliling yang akan digelar itu selain terhadap masyarakat yang berdomisili di wilayah perbatasan juga akan mengunjungi sekolah-sekolah dengan menggunakan kendaraan truk milik TNI AD, katanya.

"Jadi perpustakaan keliling ini sebagai bagian dari misi dalam menjaga perbatasan yakni ikut mencerdaskan masyarakat," ujar Ari Aryanto.

Adapun buku-buku yang akan disiapkan, lanjut dia, berupa bacaan yang akan dipinjam pada sejumlah instansi atau di perpustakaan Kabupaten Nunukan.

Menurut dia, kegiatan pagelaran perpustakaan keliling ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini sebelum masa tugas menjaga perbatasan berakhir.

"Kami akan laksanakan selama dua bulan masa tugas berakhir di sini," ujarnya.

Ia juga menerangkan bahwa rencana pengadaan perpustakaan keliling telah diprogramkan sejak awal sebelum melaksanakan tugas menjaga perbatasan Indonesia-Malaysia di Kabupaten Nunukan yang belum terealisasikan.

Sedangkan program lainnya seperti antisipasi masuknya minuman keras (miras), narkoba dan ilegal logging serta "traficcing" dan kegiatan ilegal lainnya yang berkaitan dengan penjagaan perbatasan dia mengatakan hampir semuanya telah terlaksana dengan baik, kata dia.

Program perpustakaan keliling itu berkaitan pula dengan keberadaan prajurit TNI AD yang menjalankan tugas mengajar membantu gurupguru di sejumlah sekolah di wilayah perbatasan saat ini, ujarnya. (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013