Pemerintah  Kabupaten Paser telah menetapkan empat kawasan strategis pariwisata (KSP) yang dibangun secara bertahap hingga direncanakan tuntas pada tahun 2024.


"Tahun ini empat KSP sudah ditetapkan dan segera dibangun bertahap hingga tuntas 2024," Kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata Kabupaten Paser Muksin, Kamis (9/9/2021) 

Keempat KSP itu antara lain KSP Gunung Boga, KSP Tahura Lati Petangis, KSP Sungai Tuak dan KSP Pasir Mayang. 

"Untuk tahun 2022 KSP Gunung Boga akan  menjadi prioritas untuk dilengkapi sarana dan prasarananya sehingga menjadi  kawasan wisata yang representatif, " kata mantan kepala Bappeda litbang ini. 

Seperti diketahui Wisata Gunung Boga atau Gunung Embun yang terletak di Desa Luan Kecamatan Muara Samu, sempat viral dan masuk dalam 10 destinasi dataran tinggi terpopuler . 

Menurut Muksin, penetapan empat KSP ini, merupakan  upaya pengembangan sektor pariwisata yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. 

"Tidak hanya dapat meningkatkan pendapatan asli daerah tetapi juga  mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,"katanya.

Menurut Muksin, pembangunan sektor pariwisata ini sangat penting ditengah ketergantungan pemerintah terhadap penerimaan daerah dari sektor tambang. 

"Pendapatan dari sektor tambang lambat laun akan berkurang sehingga perlu alternatif lain mendapatkan pendapatan dari sektor lain non-tambang seperti sektor pariwisata, " katanya. 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021