Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim bakal menghadirkan BUMDes se Kaltim pada Soft Launching Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) tahun 2021 yang akan dilaksanakan secara virtual, 1 September mendatang.
 

“Kita baru saja mengikuti rapat persiapan Soft Launching Gernas BBI. Kegiatan akan dilaksanakan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigarsi dan diikuti peserta secara virtual oleh pemangku kepentingan terkait, termasuk BUMDes dan UMKM Kaltim,” ujar Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin di Samarinda, Selasa (31/8).

Saat melaporkan kesiapan Kaltim sebagai tuan rumah Gernas BBI, Iyad sapaan akrab M Syirajudin menuturkan sudah berkoordinasi dengan kabupaten se Kaltim untuk menghadirkan BUMDes pada soft launching. Termasuk meminta kesediaan DPMD/K se Kaltim untuk turut hadir pada kegiatan tersebut.

“Kita akan hadirkan DPMD/K dan BUMDes termasuk Tenaga Pendamping Profesional untuk mengikuti kegiatan,” katanya.

Dia mengatakan soft launching menjadi gerakan awal pelaksanaan Gernas BBI Kaltim 2021 yang akan dilaksanakan Oktober mendatang. Kegiatan rencananya akan dibuka Mendes PDTT. Nantinya Gubernur Kaltim Isran Noor akan diwakili Sekprov Kaltim sekaligus menjadi keynote speaker.

Sedangkan pelaksanaan Grand Launching Gernas BBI pada 2 Oktober 2021 rencananya dibuka Gubernur Kaltim Isran Noor.

"Kegiatan Gernas BBI merupakan momentum yang harus dimanfaatkan BUMDes," ujar iyad.

Dia berharap BUMDes lebih aktif pada kegiatan  tersebut, karena output akhir yang diharapkan 1.000 UMKM bisa menambah jangkauan melalui marketplace.

Menurutnya mumpung Kaltim jadi lokus hendaknya BUMDes menampilkan profilenya, produk dan keunggulannya, karena merupakan kesempatan untuk bisa aktif masuk dalam jaringan binaan produk UMKM. 

Sekadar diketahui Provinsi Kaltim memiliki 841 desa, terdapat 778 BUMDes aktif dengan berbagai unit usaha yang dikembangkan.
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021