Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kota Samarinda, menantang pengusaha muda yang ada di daerah itu menjadi memimpin Perusahaan Daerah Pergudangan Aneka Usaha (PDPAU).

"Pemerintah Kota Samarinda masih memberikan kesempatan kepada pengusaha muda yang memiliki jiwa pengusaha untuk mendaftar sebagai calon pemimpin di PDPAU," ungkap Wakil Wali Kota Samarinda, Nusyirwan Ismail, Selasa.

Saat ini, kata dia, proses seleksi dan rekrutmen direksi PDPAU masih berjalan.

Penjaringan itu lanjut Nusyirwan Ismail mulai dilakukan sejak Januari dan berakhir pada Februari 2013.

"Jika tim penjaringan yang telah ditunjuk berhasil menemukan sosok yang dianggap layak maka pada awal Maret 2013 PDPAU dipastikan sudah punya dirut yang baru," katanya.

"Kami berharap, dirut yang baru nanti memiliki kemampuan manajerial yang baik sehingga PDPAU bisa berkembang dan kembali sehat mengingat sejumlah aset PDPAU masih dianggap produktif," ungkap Nusyirwan Ismail.

"Direksi yang dibutuhkan hanya dua yakni direktur umum dan keuangan begitu juga dengan badan pengawas yang dicari dua orang, namun bisa diambil dari kalangan birokrat jika saat penjaringan nanti tidak ditemukan badan pengawas yang dianggap layak," katanya.

Jajaran direksi tersebut lanjut dia akan diberi kesempatan selama satu tahun untuk memperbaik keuangan tanpa menerima gaji maupun suntikan modal tambahan dari APBD karena dianggap perusahaan daerah milik pemerintah ini masih memiliki peluang untuk tumbuh kembang kembali.

Namun, jika dalam satu tahun dewan direksi ini masih dianggap belum mampu untuk memberikan yang terbaik bagi PDPAU maka pada Januari 2014 langkah untuk melikuidasi bisa dilakukan.

Langkah likuidasi ini sebenarnya kata dia sudah bisa berjalan pada Maret 2013 yang saat ini Raperdanya sudah dimasukan dalam Prolegda 2013 dengan catatan apabila disaat Januari dan Februari tidak ditemukan sosok direksi yang tepat saat penjaringan.

"Tentunya setelah likuidasi masih ada agenda untuk membuat perusda yang baru sepanjang berbeda dengan PDPAU sekarang," kata Nusyirwan Ismail

Perusada yang baru nantinya kata dia juga diharapkan dapat menangkap peluang dalam bidang jasa kebandaraan, angkutan kelistrikan maupun migas   (*). 

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013