Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Peringatan Peristiwa Merah Putih Sangasanga, 26-31 Januari 2013, akan dimeriahkan dengan lomba foto memperebutkan total hadiah Rp32 juta, yang bertajuk Sangasanga Kota Wisata Juang.

"Saya kira untuk pertama kalinya Peringatan Peristiwa Merah Putih Sangasanga diisi dengan lomba foto," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kutai Kartanegara (Kukar) Sri Wahyuni, selaku penggagas lomba foto tersebut saat dihubungi, Selasa.

Dijelaskan Sri, lomba foto tersebut terbagi dalam dua kategori yaitu esay atau foto berseri dan foto tunggal. Untuk kategori esay, temanya tentang wisata juang Sangasanga, sedangkan foto tunggal temanya khusus pesona Sangasanga.

Adapun dewan juri pada lomba tersebut yaitu Ray Bachtiar Dradjat yang merupakan pendiri Komunitas Lubang Jarum Indonesia, Rakhmad Kusnadi, serta Kadisbudpar Sri Wahyuni.

Penyerahan karya peserta lomba dapat diserhkan ke panitia mulai 1 sampai 16 Februari, foto dikirim dalam bentuk soft copy ke email fotowisatajuang@gmail.com.  Penjurian dilaksanakan pada 28 Februari, sedangkan pengumuman pemenang 4 maret dan penyerahan hadiah 14 maret.

Lebih lanjut Sri mengatakan, tujuan dari lomba foto tersebut untuk mengenalkan sekaligus menyebarluaskan keberadaan Sangasanga sebagai kota wisata juang.

"Sangasanga juga memiliki pesona sebagai kota minyak yang pernah diperebutkan oleh penjajah kolonial, untuk itu kita coba angkat melalui foto," demikian ujarnya. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013