Para pekerja Pertamina Unit Kilang Balikpapan berhasil mengumpulkan donasi hingga Rp300 juta untuk disumbangkan kepada masyarakat yang terdampak Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
 

“Persisnya saat ini Rp300,8 juta. Mudah-mudahan masih bisa bertambah lagi,” kata Humas Pertamina Unit Kilang Balikpapan Ely Chandra Peranginangin, Rabu.

Uang tersebut untuk sementara direncanakan dibelikan bahan makanan dan berbagai keperluan lain untuk kemudian dibagi-bagikan kepada warga terdampak PPKM.

Chandra menuturkan, jumlah tersebut didapatkan dari sumbangan mulai dari manajemen di Kantor Besar Pertamina di Jalan Yos Sudarso hingga para karyawan di lapangan.

Menurut Chandra, Pertamina menyadari PPKM berdampak bagi semua orang. Namun demikian ini adalah jalan untuk menekan penyebaran wabah COVID-19, dan pastilah sudah dipertimbangkan dengan matang oleh Pemerintah.

Karena itu, lanjut Chandra, Pertamina mengajak semua pihak untuk berperan serta mendukung program pemerintah dalam penanganan COVID-19.

"Tidak ada satu pihak pun yang tidak terdampak COVID-19 ini. Namun setidaknya kita yang masih lebih beruntung harus terus menebarkan energi berbagi kepada sesamanya. Besar kecil donasi, atau peran serta, tentunya relatif. Tapi jika sesuai dengan kebutuhan mereka yang terdampak itu, sekecil apapun pasti akan sangat berguna," kata Chandra.

Pertamina, ujarnya, terus mendorong pekerjanya untuk terlibat dalam berbagai aksi sosial. Bahkan tidak hanya karyawan langsung Pertamina, tetapi juga mitra kerja dan keluarganya.

Sebab itu, gerakan donasi para karyawan Pertamina selalu ada di setiap saat bantuan dan kepedulian diperlukan. Di tahun 2021 ini karyawan Pertamina mengumpulkan uang dan bahan makanan untuk korban bencana banjir di Kalimantan Selatan pada Januari lampau, bantuan untuk sejumlah panti asuhan saat Ramadan 1442 Hijriah, berbagi melalui program Keluarga Ulin atau orangtua asuh berupa bantuan biaya pendidikan untuk anak dari keluarga miskin.

"Semoga bantuan ini dapat meringankan beban mereka yang menerimanya. Serta hal yang tak kalah pentingnya, kita harus terus berupaya menebarkan energi positif kepada semua orang," kata Chandra.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021