Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menilai lomba kreasi dan inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa melalui inovasi yang bermanfaat dan bernilai ekonomis.

Hal itu sampaikan Bupati Paser usai membuka lomba tersebut, Selasa (6/7), di hotel Kyriad Sadurengas Tanah Grogot yang dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kaltim, Sirajudin dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Paser.

"Kegiatan ini akan memunculkan inovator yang mampu meningkatkan perekonomian di desanya dengan alat yang dibuat,"katanya.

Kegiatan lomba TTG, lanjut  Fahmi, bertujuan menjaring ide kreatif dari para inovator setiap desa. Inovasi yang dihasilkan adalah efisien atau mudah digunakan dan bermanfaat serta tidak menimbulkan polusi.

" Ini sebagai wadah bagi inovator di setiap kecamatan dan desa. Dari sini bisa kita lihat ide kreatif dari masyarakat," imbuh Fahmi.

Perlombaan TTG di Kabupaten Paser  tersebut diikuti  sebanyak 39 peserta dengan dua kategori yaitu inovasi Teknologi Tepat guna dan TTG unggulan.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kaltim M Syirajudin menilai cukup banyak potensi inovasi teknologi tepat guna yang bisa dikembangkan di daerah ini.

Nantinya pemenang akan diikutsertakan di lomba TTG Provinsi Kaltim tahun 2022 mendatang.

"Alat yang dibuat inovator dari Kabupaten Paser ini luar biasa untuk di Kalimantan Timur yakni prestasi  yang membanggakan di ajang  TTG,"ujar Syirajudin,

Ia berharap inovasi dari para inovator nantinya dapat dipasarkan atau diproduksi massal sehingga manfaatnya bisa dirasakan khalayak luas. 

"Bukan hanya sebatas perlombaan bahkan hingga bisa dipasarkan sehingga nantinya inovasi yang mereka bua tbisa dirasakan masyarakat," ucap Syirajudin. (ADV) 



 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021