Zhejiang Xianju menjadi daerah percontohan "Beautiful China" dengan tema pembangunan ramah lingkungan

Zhejiang Xianju menjadi daerah percontohan

Daerah Xianju, provinsi Zhejiang (Antara/AsiaNet)

AsiaNet 75738

XIANJU, Tiongkok, 15 Oktober 2018 (Antara/Xinhua-AsiaNet)-- Pada 12-14 Oktober 2018, China's County Green Development Xianju Forum ketiga digelar di Xianju, provinsi Zhejiang, demikian diumumkan Departemen Publisitas dari CPC Xianju County Committee.

Xianju merupakan daerah pegunungan di Tiongkok timur. Saat ini, penduduk lokal bisa mengambil keuntungan dari gaya hidup ramah lingkungan mereka. Penduduk yang memilih untuk berjalan kaki, mengendarai sepeda, atau memakai bus umum bisa mendapatkan green coins, yang bisa ditukarkan dengan barang konsumsi, kebutuhan sehari-hari, sumbangan amal, dan lain-lainnya. Sebuah green coin setara dengan 1 RMB.

Lingkungan sehat seperti ini dapat dilihat di manapun di Xianju. Bukan hanya itu, pembangunan industri saat ini di Xianju juga bertemakan industri ramah lingkungan.

Areal hutan di Wilayah Xianju meliputi sekitar 79,6% dari total wilayah. Gunung Tianmu yang tertulis di puisi Dinasti Tang karya Li Bai berjudul Tianmu Mountain Ascended in A Dream terletak di Xianju, dan dianggap sebagai tempat tinggal para dewa. Sejak lama, Xianju telah menjadi lingkungan dengan ekologi yang luar biasa, tetapi dari segi pertumbuhan ekonomi, Xianju bukan termasuk wilayah maju di Provinsi Zhejiang. Tetapi, Zhejiang telah menetapkan wilayah tersebut sebagai satu-satunya wilayah percontohan untuk pembangunan ramah lingkungan di provinsi itu. Melalui campur tangan pemerintah, perusahaan dan masyarakat umum, Xianju telah mengeksplorasi model wilayah Beautiful China dengan pembangunan yang berkelanjutan, kehidupan yang harmonis dan ekosistem yang terjaga untuk Tiongkok.

Xianju cukup berbeda dari wilayah pedesaan pada umumnya. Xianju lebih seperti taman alam dengan ekologi, kehidupan dan ekonomi yang berjalan dengan harmonis.

Praktik pengembangan ekonomi ramah lingkungan Xianju menjadi yang terdepan. Sebagai contoh, untuk industri farmasi yang berdasar baik, Xianju telah menutup sebagian besar perusahaan farmasi dengan konten berteknologi rendah, skala produksi kecil dan distribusi yang tersebar di daerah perkotaan. Perusahaan yang tetap beroperasi dipindahkan ke zona pengembangan ekonomi, dan produknya juga telah ditingkatkan dari suplai bahan baku menjadi produksi obat paten, yang bertransformasi menjadi obat modern dan biomedis. Pada saat yang sama, Xianju juga mengembangkan secara aktif tiga industri kesehatan, pariwisata dan budaya senilai sepuluh miliar, sehingga bisa mempromosikan pengembangan ekonomi ramah lingkungan dan terbaik.

Dengan mengeliminir kapasitas produksi yang kurang memuaskan serta memperkuat inovasi ilmiah dan teknologi, nilai tambah industri berteknologi tinggi Xianju menyumbang separuh dari nilai tambah industri, dan nilai tambah industri ramah lingkungan mencakup 83% dari PDB daerah tersebut tahun lalu.

"Daerah ekologis di tingkat nasional", "standarisasi di tingkat nasional daerah percontohan yang cantik di pedesaan", "daerah pertanian rekreasi dan pariwisata desa Tiongkok", "tujuan wisata ekonomi pedesaan dan liburan terbaik Tiongkok"...reputasi Xianju dalam beberapa tahun terakhir memiliki latar belakang pembangunan ramah lingkungan yang berbeda.

Selain sistem "green coin," dewasa ini, penduduk Xianju telah membentuk "green consensus," serta berpartisipasi aktif dalam konsumsi ramah lingkungan, konservasi energi dan perlindungan lingkungan, operasi CD-ROM, perjalanan ramah lingkungan, pemilahan sampah, dll. Aksi pembangunan ramah lingkungan tengah populer di Xianju.

"Menempuh jalan pembangunan daerah ekologis dan pembangunan ramah lingkungan bukan hanya harus menerapkan pembangunan peradaban ekologi nasional, tapi juga pilihan historis tahap pembangunan rumah peri." Lin Hong, Sekretaris Xianju County Party Committee, berkata kalau di masa mendatang, Xianju akan berupaya membangun dataran tinggi yang kuat dan terbuka, dataran tinggi ekonomi ramah lingkungan, dataran tinggi ekologis ramah lingkungan, dataran tinggi budaya daerah, serta dataran tinggi yang harmonis dan bahagia.

Orang yang bertanggung jawab atas China Ecological Civilization Research and Promotion Association tersebut menuturkan kalau Xianju telah fokus mengembangkan ekonomi ramah lingkungan dan mempromosikan kesejahteraan ramah lingkungan dalam beberapa tahun terakhir. Ini merupakan eksplorasi berkelanjutan dan terukur yang akan memberikan contoh bagi Tiongkok untuk menerapkan konsep pembangunan ramah lingkungan dan strategi revitalisasi pedesaan.

Sumber: Departemen Publisitas CPC Xianju County Committee

Tautan Lampiran Gambar:
http://asianetnews.net/view-attachment?attach-id=321932
Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2018